Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Tuduh 8 Diplomat India Terlibat Spionase dan Terorisme

Kompas.com - 04/11/2016, 08:23 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kementerian Luar Negeri Pakistan, Kamis (3/11/2016) menuding delapan diplomat India terlibat kegiatan spionase dan mendukung terorisme.

Tudingan ini merenggangkan hubungan diplomatik kedua negara bertengga tersebut.

Menurut Kementerian Luar Negeri Pakistan, enam staf Kedubes India di Islamabad bekerja untuk badan intelijen New Delhi Research & Analysis Wing (RAW).

Selain itu, dua diplomat India lagi bekerja sama dengan institusi Biro Intelijen (IB). Nama-nama para diplomat itu kemudian bocor kepada media Pakistan.

Tudingan Islamabad itu terjadi hanya beberapa hari setelah menarik enam staf diplomatiknya di New Delhi setelah India melakukan tuduhan serupa terhadap mereka.

Aksi balasan itu terjadi sementara bentrokan militer antara dua negara bertetangga itu terus berlanjut di Kashmir, wilayah perbatasan yang menjadi potensi konflik panjang.

Bentrokan antara pasukan India dan Pakistan sering terjadi ketika India menangangi kerusuhan akibat warga memprotes New Delhi atas pembunuhan seorang tokoh separatis Kashmir, bulan lalu.

"Sejumlah diplomat dan staf India yang menjadi anggota badan intelijen India RAW dan IB telah diketahui terlibat mengkoordinasikan kegiatan teroris dan subversif di Pakistan dengan kedok penugasan diplomatik,” kata juru bicara Kemenlu Pakistan Nafees Zakaria, Kamis di Islamabad.

Ia menyebut konselor perdagangan India, Rajesh Kumar Agnihotri, sebagai Kepala RAW di Islamabad.  India menolak tuduhan-tuduhan itu yang disebutnya tidak berdasar. 

Hari sebelumnya, Islamabad menarik enam diplomatnya yang bekerja di Kedubes Pakistan di New Delhi.

Dua pejabat Pakistan dan juru bicara India mengatakan Pakistan menarik enam diplomatnya di New Delhi di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara gara-gara sengketa wilayah Kashmir.

Pihak berwenang di Islamabad mengaku telah meminta persetujuan Perdana Menteri Nawaz Sharif untuk mengusir beberapa diplomat India.

Di New Delhi, juru bicara Kementerian Luar Negeri India Vikas Swarup mengonfirmasi, enam diplomat Pakistan sudah balik ke Islamabad, Rabu (2/11/2016) karena ditarik pemerintahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com