Kompas.com - 03/11/2016, 13:23 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Pemimpin Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menyerukan agar para pengikutnya bertahan di kota Mosul meski pasukan Irak terus menerjang untuk memasuki kota tersebut.

"Jangan mundur," demikian suara yang diyakini adalah Abu Bakr al-Baghdadi dalam pesan audio yang dirilis media Al-Furqan, Kamis (3/11/2016).

"Mempertahankan posisi kalian dengan penuh kehormatan 1.000 kali lebih mudah ketimbang mundur dengan rasa malu," demikian suara Al-Baghdadi itu.

Jika pesan audio itu bisa dikonfirmasi berasal dari Al-Baghdadi, maka ini adalah pesan pertamanya dalam satu tahun terakhir.

"Bagi semua rakyat Nineveh, terutama para pejuang, waspadai semua kelemahan saat menghadapi musuh," tambah Al-Baghdadi.

Pada Juni 2014, beberapa hari setelah ISIS merebut sebagian wilayah Irak, Al-Baghdadi muncul di muka publik di Mosul dan mengumumkan negara Islam dengan wilayah Irak dan Suriah.

Wilayah kekhalifahan yang diproklamasikan Al-Baghdadi itu kini terus menyusut, apalagi setelah pasukan Irak mencapai Mosul pekan lalu.

Koalisi AS memperkirakan terdapat 3.000 hingga 5.000 anggota ISIS yang mempertahankan Mosul, basis terakhir ISIS di Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.