Kompas.com - 03/11/2016, 07:16 WIB
EditorPascal S Bin Saju

KIEV, KOMPAS.com – Amerika Serikat memberikan dukungan dana 30 juta dollar AS atau sekitar Rp 392 miliar bagi Ukraina untuk memperkuat angkatan lautnya dalam mengimbangi kian agresifnya kehadiran Rusia di Crimea, Ukraina timur.

Kantor berita Reuters, Selasa (2/11/2016) melaporkan, Ukraina sedang melengkapi dan memperluas armada angkatan lautnya. Negara ini antara lain memperbaiki kapal induknya "Hetman Sahaydachnyy".

Seorang komandan Angkatan Laut (AL) Ukraina mengatakan, kehadiran militer Rusia di wilayah Crime yang dianeksasi Rusia sudah semakin meningkat.

Dukungan dana 30 juta dollar dari AS itu merupakan bagian dari paket 500 juta dollar atau setara Rp 6,2 triliun yang akan diberikan tahun depan kepada pemerintah Ukraina.

"Kami akan membangun kembali armada kami tahap demi tahap dari awal," kata Laksamana Madya Ihor Vorochenko kepada Reuters.

"Kemampuan kami dalam hal kualitas akan lebih baik dibandingkan dengan yang ada di Krimea," ujarnya.

Ukraina kehilangan dua pertiga armadanya, yang sebelumnya sebagian besar berada di Sevastopol, ketika Rusia mencaplok Crimea dari Kiev pada 2014.

Sejak itu, Ukraina terus memerangi para separatis dukungan Rusia di wilayah Donbass dalam perang yang telah menewaskan hampir 10.000 orang.

EPA/Daily Mail Rusia adalah salah satu negara dengan jumlah tentara terbesar di dunia. Kendaraan perang mereka, seperti tank, telah dikerahkan ke perbatasan Eropa, tepatnya dekat perbatasan dengan Ukraina.
Sebelum menganeksasi Crimea, Rusia menyewa berbagai fasilitas dari Ukraina untuk menempatkan Armada Laut Hitamnya, yang telah berada di Krimea selama lebih dari dua abad.

Fasilitas-fasilitas tersebut, kebanyakan berada di sekitar Sevastopol, saat ini sedang diperluas.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.