Kompas.com - 31/10/2016, 17:48 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang petembak putri asal India mengundurkan diri dari sebuah turnamen menembak di Iran karena dia diharuskan mengenakan hijab.

Heena Sidhu, peraih medali emas dalam pesta olah raga negara persemakmuran, menjelaskan alasannya mundur dari kejuaraan menembak Asia di Teheran pada September lalu lewat akun Twitter-nya.

Heena, yang adalah juara bertahan turnamen ini, mengatakan,  keharusan atlet perempuan mengenakan hijab bukan bagian dari semangat olah raga.

Dalam situs resmi kejuaraan ini dengan jelas menyebutkan bahwa para atlet harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan aturan Republik Islam Iran.

"Memaksa turis atau tamu asing mengenakan hijab bertentangan dengan semangat olah raga. Karena saya tak sepakat maka saya mengundurkan diri," ujar atlet berusia 27 tahun.

"Silakan Anda mengikuti agama yang kalian anut, maka izinkan saya menganut agama yang saya anut. Saya mundur dari kompetisi ini jika kalian memaksa saya mengikuti keyakinan agama kalian," tambah Heena.

Dalam serangkaian kicuan lewat Twitter, Heena membantah dirinya mencoba memicu perlawanan dengan keputusan itu.
 
Dia menegaskan, semangat olah raga adalah mempersatukan semua orang dari budaya, latar belakang, jenis kelamin, ideologi, dan agama yang berbeda.

Heena juga menegaskan, tak ingin keputusannya ini dipolitisasi atau mengganggu kompetisi yang sedang berlangsung.

Dia juga menyampaikan doa dan dukungan untuk para atlet India yang tetap berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.