Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Mau Kenakan Hijab, Petembak India Mundur dari Turnamen di Iran

Kompas.com - 31/10/2016, 17:48 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang petembak putri asal India mengundurkan diri dari sebuah turnamen menembak di Iran karena dia diharuskan mengenakan hijab.

Heena Sidhu, peraih medali emas dalam pesta olah raga negara persemakmuran, menjelaskan alasannya mundur dari kejuaraan menembak Asia di Teheran pada September lalu lewat akun Twitter-nya.

Heena, yang adalah juara bertahan turnamen ini, mengatakan,  keharusan atlet perempuan mengenakan hijab bukan bagian dari semangat olah raga.

Dalam situs resmi kejuaraan ini dengan jelas menyebutkan bahwa para atlet harus mengenakan pakaian yang sesuai dengan aturan Republik Islam Iran.

"Memaksa turis atau tamu asing mengenakan hijab bertentangan dengan semangat olah raga. Karena saya tak sepakat maka saya mengundurkan diri," ujar atlet berusia 27 tahun.

"Silakan Anda mengikuti agama yang kalian anut, maka izinkan saya menganut agama yang saya anut. Saya mundur dari kompetisi ini jika kalian memaksa saya mengikuti keyakinan agama kalian," tambah Heena.

Dalam serangkaian kicuan lewat Twitter, Heena membantah dirinya mencoba memicu perlawanan dengan keputusan itu.
 
Dia menegaskan, semangat olah raga adalah mempersatukan semua orang dari budaya, latar belakang, jenis kelamin, ideologi, dan agama yang berbeda.

Heena juga menegaskan, tak ingin keputusannya ini dipolitisasi atau mengganggu kompetisi yang sedang berlangsung.

Dia juga menyampaikan doa dan dukungan untuk para atlet India yang tetap berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com