Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Melegalkan Budidaya Tanaman Ganja

Kompas.com - 30/10/2016, 19:08 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com - Mulai hari Minggu (30/10/2016) ini, Undang-undang Federal Legalisasi Budidaya Ganja resmi diberlakukan di Australia.

UU tersebut memungkinkan budidaya tanaman ganja untuk tujuan pengobatan.

Otoritas Pengawasan Obat Australia akan mulai menerima pengajuan izin budidaya marijuana pada Senin (31/10/2016).

Orang atau organisasi yang berminat mendapatkan izin untuk menanam ganja obat ini ini perlu menunjukan kalau mereka akan memasok [tanaman ganja mereka] untuk pabrik pembuat ganja obat berlisensi atau peneliti.

Mereka perlu juga menjalani tes uji kelayakan dan kepatutan pribadi dan menunjukan kalau kawasan budidaya yang akan mereka gunakan aman atau [terjaga ketat].

Informasi ketentuan tentang skema lisensi ini dalam beberapa minggu terakhir telah menarik minat ratusan orang yang berencana mengajukan izin, baik dari perusahaan internasional hingga operator kecil.

Tercatat sudah ada tiga perusahaan obat ganja yang terdaftar di Bursa Efek Australia dan perusahaan keempat siap mendaftrar dalam waktu dekat.

Tom Richardson dari kelompok investasi 'The Motley Foot Australia' mengatakan pasar ganja obat dalam negeri bisa bernilai lebih dari 75 juta dollar Australia atau sekitar Rp 744 miliar per tahun.

"AS memiliki pasar marijuana yang mapan dan tidak ada alasan untuk menganggap permintaan konsumen atau harga produk di Australia akan relatif berbeda dengan dua perbedaan populasi di negara ini," katanya.

Namun demikian, Richardson mengatakan berinvestasi di pasar yang berkembang bukan sesuatu yang pasti menguntungkan.

"Sejumlah perusahaan perawatan kesehatan terbesar di Australia – seperti Cochlear yang membuat alat bantu pendengaran, CSL yang membuat produk pengobatan gawat darurat untuk rumah sakit, atau Resmed yang membuat produk obat untuk pengobatan gangguan tidur – semua perusahaan ini memiliki pasar jutaan dollar, sehingga 750 juta dollar setahun ibarat setetes air di lautan saja.”

Bedrocan Australia, yang memiliki kaitan dengan perusahana obat marijuana dari Belanda, Bedrocan, dan perusahaan obat Kanada Tilray, keduanya mengatakan mereka akan mengajukan izin budidaya ganja legal, sebagaimana juga yang akan dilakukan oleh perusahaan Australia MGC Farmasi dan AusCann.

Managing Director AusCann, Elaine Darby mengatakan perusahaannya berharap sudah bisa menanam pohon ganja di Australia Barat pada pertengahan tahun depan dan akan mulai memasok produk jadi mereka mulai akhir tahun depan.

"Produk awal [dari budidaya ganja] AusCann akan digunakan dalam beberapa studi klinis kami serta diberikan kepada dokter yang ingin menyediakan dari awal dan [bidang kedokteran] yang sangat membutuhkan [obat-obatan ganja] yang pada saat ini tampaknya seperti nyeri neuropatik dan pengobatan anti epilepsi kronis," katanya.

Produk pertama ganja obat dari AusCann tampaknya akan berupa obat penguap dan obat-obatan yang akan ditempatkan dibawah lidah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com