Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peretas Temukan Hubungan Antara Kremlin dan Pemberontak Ukraina

Kompas.com - 27/10/2016, 17:20 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Sekelompok peretas Ukraina telah merilis ribuan email dari sebuah akun yang digunakan oleh seorang pejabat senior Kremlin yang memperlihatkan hubungan finansial dan politik yang dekat antara Moskwa denan kelompok separatis di Ukraina timur.

'Cache' yang dipublikasikan kelompok Ukraina CyberHunta menunjukkan kontak-kontak antara Vladislav Surkov, penasihat Presiden Rusia Vladimir Putin, dan pemberontak pro-Rusia yang melawan pasukan Ukraina.

Badan Keamanan Nasional Ukraina, seperti dilaporkan Voice of America, Kamis (27/10/2016), mengatakan bahwa email-email itu asli, meskipun mereka menambahkan bahwa dokumen-dokumen itu mungkin sudah diubah.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menyebut email-email itu palsu, dengan mengatakan hari Rabu bahwa Surkov tidak menggunakan email.

Jurnalis Rusia Svetlana Babaeva dan pengusaha Rusia Evgeny Chichivarkin mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa email-email terkait mereka dalam 'cache' tersebut asli.

Pemeriksaan AP juga membuktikan setidaknya beberapa nomor telepon dan alamat email di dalam rilisan tersebut asli.

CyberHunta menggambarkan diri dalam laman kelompok itu sebagai kelompok peretas Ukraina yang melawan "agresi asing".

Kelompok peretas itu berjanji untuk "mengekstraksi dan menganalisis" korespondensi email dari para pejabat tingkat tinggi Rusia.

Pesan-pesan kepada kelompok itu tidak dibalas. Catatan internet menunjukkan bahwa situs kelompok itu didaftarkan setahun lalu lewat layanan perlindungan privasi AS. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com