Kompas.com - 27/10/2016, 17:20 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MOSKWA, KOMPAS.com — Sekelompok peretas Ukraina telah merilis ribuan email dari sebuah akun yang digunakan oleh seorang pejabat senior Kremlin yang memperlihatkan hubungan finansial dan politik yang dekat antara Moskwa denan kelompok separatis di Ukraina timur.

'Cache' yang dipublikasikan kelompok Ukraina CyberHunta menunjukkan kontak-kontak antara Vladislav Surkov, penasihat Presiden Rusia Vladimir Putin, dan pemberontak pro-Rusia yang melawan pasukan Ukraina.

Badan Keamanan Nasional Ukraina, seperti dilaporkan Voice of America, Kamis (27/10/2016), mengatakan bahwa email-email itu asli, meskipun mereka menambahkan bahwa dokumen-dokumen itu mungkin sudah diubah.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, menyebut email-email itu palsu, dengan mengatakan hari Rabu bahwa Surkov tidak menggunakan email.

Jurnalis Rusia Svetlana Babaeva dan pengusaha Rusia Evgeny Chichivarkin mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa email-email terkait mereka dalam 'cache' tersebut asli.

Pemeriksaan AP juga membuktikan setidaknya beberapa nomor telepon dan alamat email di dalam rilisan tersebut asli.

CyberHunta menggambarkan diri dalam laman kelompok itu sebagai kelompok peretas Ukraina yang melawan "agresi asing".

Kelompok peretas itu berjanji untuk "mengekstraksi dan menganalisis" korespondensi email dari para pejabat tingkat tinggi Rusia.

Pesan-pesan kepada kelompok itu tidak dibalas. Catatan internet menunjukkan bahwa situs kelompok itu didaftarkan setahun lalu lewat layanan perlindungan privasi AS. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.