Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Filipina Teken Pengadaan Fregat dengan Korsel

Kompas.com - 25/10/2016, 20:39 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Filipina menandatangani kontrak senilai 337 juta dollar AS atau setara Rp 4,38 triliun dengan galangan kapal Korea Selatan, Selasa (25/10/2016), untuk pengadaan dua fregat angkatan laut, yang menegaskan niatnya meningkatkan pertahanan laut.

Selain itu, seperti dilaporkan Reuters, Filipina berusaha membina hubungan lebih dekat dengan seteru laut terbesarnya, China.

Kepemilikan fregat modern adalah langkah besar bagi Angkatan Laut (AL) Filipina menuju pembangunan pasukan "kelas dunia dan dipersenjatai lengkap", yang bisa melindungi wilayah kedaulatannya, kata juru bicara AL, Kapten Lued Lincuna.

Lincuna mengatakan kontrak tersebut adalah pengadaan termahal bagi militer sejak Presiden Rodrigo Duterte berkuasa pada akhir Juni.

Menteri Pertahanan Delfin Lorenzana menandatangani perjanjian itu dengan perwakilan Hyundai Heavy Industries Korea.

Duterte mengunjungi China sepekan lalu untuk menormalkan hubungan dengan Beijing yang memburuk akibat sengketa Laut China Selatan, setelah China menguasai beting Scarborough pada 2012 dan membangun pulau buatan di Spratly pada 2014.

Duterte mengatakan ia berharap China akan segera mengizinkan nelayan lokal untuk kembali ke beting Scarborough, yang merupakan lokasi pencarian ikan penting bagi nelayan Filipina, tanpa harus diusik oleh penjaga pantai China.

Saat ini Duterte masih berada di Jepang, yang sepakat untuk menyediakan 10 kapal penjaga pantai baru bagi Filipina.

Filipina pada September mengusulkan kenaikan 14 persen belanja pertahanan 2017, untuk mendanai program modernisasi militer lima tahun senilai 82 miliar peso (1,7 miliar dolar AS), untuk mengimbangi negara-negara tetangganya di Asia Tenggara.

RITCHIE B. TONGO / POOL / AFP Seorang prajurit Filipina berjaga di pantai Pulau Pagasa di gugusan Kepulauan Spratly di Laut China Selatan yang disengketakan.
Seorang pejabat pertahanan senior mengatakan,  Filipina juga akan membeli delapan kendaraan serbu amfibi dari AS, ditambah tiga helikopter anti-kapal selam serta dua pesawat patroli jarak jauh dari sebuah kontraktor pertahanan Eropa.

Kontrak pengadaan tiga radar udara senilai 2,6 miliar peso sebelumnya sudah diberikan kepada sebuah kontraktor Israel.

Belanja-belanja pertahanan terbaru ini merefleksikan niat Manila untuk menganekaragamkan sumber peralatan militer, mengurangi ketergantungan kepada AS, bekas penguasa kolonialnya, yang merupakan sumber utama persenjataan Filipina.

Sejak 2002 hingga 2011, AS menyediakan bantuan militer senilai hampir 500 juta dollar AS bagi Filipina untuk pembelian, pendidikan, pelatihan, dan kontra-terorisme, kata Kedutaan Besar AS.

Selain itu, AS menyediakan tiga kapal -dua kapal patroli kelas Hamilton dan sebuah kapal patroli kelas Cyclone serta sekitar 20 helikopter AS dari masa perang Vietnam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com