Kompas.com - 24/10/2016, 17:23 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Aktivis perdamaian anti-perang Vietnam, Tom Hayden, meninggal dunia dalam usia 76 tahun, Minggu malam, atau Senin WIB (24/10/2016).

Hayden, yang memiliki nama lengkap Thomas Emmet Hayden dikenal karena pandangan-pandangan yang radikal semasa pergerakan anti-perang Vietnam di era 1960an. 

Seorang aktris Kanada dan penulis Barbara Williams yang dinikahi Hayden sejak 1993, kepada CNN menyebutkan, Hayden wafat di Rumah Sakit UCLA di Santa Monica, California.

Lelaki kelahiran 11 Desember 1939 itu diketahui mengidap sejumlah komplikasi terkait serangan stroke pada tahun 2015 stroke.

Di beritakan AFP, di akun Twitter resminya, Hayden pun dipuja sebagai tokoh radikal era 60an yang berhasil menyokong liberalisme.

Hayden dulu adalah anggota "Chicago 7" yang dihukum atas tuduhan melakukan konspirasi dan penghasutan untuk kerusuhan anti-Perang Vietnam dan protes di Konvensi Nasional Partai Demokrat tahun 1968.

Sebagai pemimpin ideologis dan mahasiswa berpengaruh untuk demokrasi di AS, Hayden pernah menulis dalam pernyataan Port Huron.

Dokumen visioner itu mengilhami gerakan anti-otoriter dan pro-demokrasi hingga saat ini.

Selanjutnya, Hayden menjadi anggota parlemen dari California selama dua dekade.

Lalu, dia menikahi seorang aktris dan juga sesama aktivis politik Jane Fonda dari tahun 1973 hingga 1990.

Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua orang anak. 

Jane Fonda adalah istri kedua Hayden setelah dia berpisah dengan Casey Cason yang dinikahinya di tahun 1961.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.