Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Ajak Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara Berunding soal Brexit

Kompas.com - 24/10/2016, 16:04 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mengumumkan, Senin (24/10/2016), akan mengajak perwakilan dari Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara untuk berunding dengan Menteri Brexit, David Davis, mengenai Uni Eropa (UE).

Perdana Menteri (PM) Theresa May dalam pertemuan, Senin, mengajak tiga pimpinan wilayah dengan otonomi terpisah itu membahas keputusan Inggris keluar UE (Brexit) secara resmi setidaknya dua kali sebelum akhir tahun.

"Perundingan merupakan langkah penting bagi negeri ini, dan wajib diikuti tiga pemerintahan tersebut demi membuat transisi ini berhasil," kata May sebagaimana dikutip kantor PM sebelum pertemuan dan dirilis Reuters.

"Forum baru ini merupakan kesempatan bagi pihak tersebut untuk mengajukan usulan mengenai Brexit sehingga keputusan akhir dapat ditentukan secara demokratis oleh rakyat Inggris".

PM Skotlandia, Nicola Sturgeon, Ketua Partai Nasional Skotlandia, mengatakan pihaknya akan mengantisipasi seluruh kemungkinan, termasuk opsi kemerdekaan, khususnya setelah Inggris meninggalkan UE.

Banyak rakyat Skotlandia memilih untuk tetap menjadi anggota blok UE. Sturgeon mengatakan, Skotlandia menginginkan sebanyak mungkin keuntungan pasar tunggal UE dan menghendaki jaminan atas hal tersebut.

Pemerintah Inggris akan berunding untuk menyetujui kesepakatan yang mengakomodasi seluruh kepentingan terkait Brexit, utamanya atas nama seluruh rakyat Inggris Raya.

PM May yang tak mengakui label "Brexit keras" dan "Brexit halus" dalam menyelesaikan proses transisi keluar UE menegaskan keputusan final belum dibuat, dan keluarnya Inggris dari blok UE tak akan dikembalikan pada dua pilihan berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com