Kompas.com - 24/10/2016, 14:28 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

YERUSALEM, KOMPAS.com - Angkatan Udara Israel melancarkan serangan ke pos Hamas di Jalur Gaza, Senin (24/10/2016), sesaat setelah sebuah roket ditembakkan dari wilayah Palestina ke Israel. 

Belum diperoleh informasi lebih jauh terkait dampak dari penembakan roket ke wilayah Israel tersebut. 

"Sebuah roket ditembakkan ke sebelah selatan Israel dari Jalur Gaza, Namun roket itu tak sampai menghantam wilayah Israel," demikian pernyataan militer Israel yang dikutip AFP.

Dalam siaran radio di Israel disebutkan, roket itu diduga jatuh di antara wilayah Gaza, yang dikuasai oleh kelompok pergerakan Hamas. 

"Sebagai balasan, militer Israel melakukan serangan ke arah pos militer Hamas di Jalur Gaza," demikian pernyataan militer Israel. 

Sementara itu, pajabat Hamas menyebutkan, tak ada korban jiwa  dalam serangan yang dilakukan Israel di pos Beit Hanoun, yang letaknya berbatasan dengan Israel. 

Israel dan milisi Palestina di Gaza telah berhadap-hadapan sejak tahun 2008 lalu. Mereka terlibat dalam tiga perang sejak masa itu. 

Kemudian, belakang ini kerap muncul letupan-letupan di antara kedua kelompok, yang biasa terjadi di perbatasan.

Tembakan roket dari Gaza biasanya memang selalu dibalas dengan serangan lagi oleh pihak Israel.

Sejumlah serangan roket dari Jalur Gaza baru-baru ini, diklaim dilakukan oleh mereka yang bersimpati dengan kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). 

Kendati demikian, Israel tetap menegaskan, Hamas yang bertanggung jawab atas semua serangan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.