Kompas.com - 22/10/2016, 18:18 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANGKOK, KOMPAS.com - Puluhan ribu warga Thailand mengenakan pakaian hitam, memenuhi pelataran Grand Palace, Bangkok, Sabtu (22/10/2016).

Mereka bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan untuk mengungkapkan rasa duka cita atas berpulangnya Raja Bhumibol Adulyadej, Kamis pekan lalu.

Lautan manusia berbaju hitam terlihat menyelimuti areal istana, hingga ke jalan-jalan di sekitarnya.

Mereka bernyanyi bersama diiringi musik orkestra profesional dan paduan suara. 

Banyak dari warga membawa poster dan juga bank notes bergambar wajah Bhumibol, sambil terus bernyanyi dengan cucuran air mata.

Baca: Rakyat Thailand Antre Beli Uang 100 Baht Bergambar Raja Bhumibol

"Suasana saat ini luar biasa," kata seorang warga, Sethabutra Biraseranee yang mengenakan pakaian serba hitam di bawah terik matahari. 

"Seperti yang anda lihat, semua orang datang ke sini hanya untuk memberikan penghormatan kepada beliau. Ini menunjukkan betapa luar biasanya Raja Bhumibol," ujar dia seperti dikutip AFP.

Diberitakan sebelumnya, Raja yang wafat pada tanggal 13 Oktober 2016 tersebut sebelumnya mengalami penurunan kondisi kesehatan, selama bertahun-tahun.

Bhumibol dikenal sebagai tokoh yang mampu mempersatukan Thailand di tengah persoalan korupsi dan gejolak politik yang membelit bangsa itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.