Kompas.com - 21/10/2016, 15:25 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan maut yang terjadi di kota Kirkuk, wilayah utara Irak, Jumat (21/10/2016) siang.

"Pasukan ISIS menyerang kota Kirkuk dari semua arah," demikian disampaikan kantor berita Amaq yang berafiliasi dengan ISIS.

Serangan bergelombang terjadi setelah para pelaku bom bunuh diri beraksi di markas kepolisian dan sejumlah intansi pemerintah di kota yang dikendalikan kelompok Kurdi itu.

Pasukan ISIS juga menyerang sebuah pembangkit listrik yang sedang dibangun sebuah perusahaan Iran di sisi utara Kirkuk.

Hingga berita ini diturunkan, baku tembak di Kirkuk masih terjadi dan sejauh ini sudah menewaskan setidaknya enam orang polisi.

"Terjadi baku tembak sporadis antara polisi dan Daesh," kata seorang kolonel polisi di Kirkuk menggunakan istilah bahasa Arab untuk ISIS.

Selain menewaskan enam orang polisi, kolonel itu menambahkan, sebanyak 12 orang anggota ISIS tewas dalam baku tembak yang terjadi di sisi selatan kota Kirkuk.

Serangan di kota Kirkuk ini terjadi ketika pasukan angkatan darat Irak yang dibantu pasukan Peshmerga Kurdi, milisi Sunni, dan Syiah yang didukung koalisi AS bergerak maju untuk merebut kota Mosul.

Mosul, kota kedua terbesar di Irak, diduduki ISIS sejak 2014 dan menjadi basis terkuat kelompok militan itu di Irak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.