Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Serang Kota Kirkuk Saat Militer Irak Sibuk Merebut Mosul

Kompas.com - 21/10/2016, 15:25 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan maut yang terjadi di kota Kirkuk, wilayah utara Irak, Jumat (21/10/2016) siang.

"Pasukan ISIS menyerang kota Kirkuk dari semua arah," demikian disampaikan kantor berita Amaq yang berafiliasi dengan ISIS.

Serangan bergelombang terjadi setelah para pelaku bom bunuh diri beraksi di markas kepolisian dan sejumlah intansi pemerintah di kota yang dikendalikan kelompok Kurdi itu.

Pasukan ISIS juga menyerang sebuah pembangkit listrik yang sedang dibangun sebuah perusahaan Iran di sisi utara Kirkuk.

Hingga berita ini diturunkan, baku tembak di Kirkuk masih terjadi dan sejauh ini sudah menewaskan setidaknya enam orang polisi.

"Terjadi baku tembak sporadis antara polisi dan Daesh," kata seorang kolonel polisi di Kirkuk menggunakan istilah bahasa Arab untuk ISIS.

Selain menewaskan enam orang polisi, kolonel itu menambahkan, sebanyak 12 orang anggota ISIS tewas dalam baku tembak yang terjadi di sisi selatan kota Kirkuk.

Serangan di kota Kirkuk ini terjadi ketika pasukan angkatan darat Irak yang dibantu pasukan Peshmerga Kurdi, milisi Sunni, dan Syiah yang didukung koalisi AS bergerak maju untuk merebut kota Mosul.

Mosul, kota kedua terbesar di Irak, diduduki ISIS sejak 2014 dan menjadi basis terkuat kelompok militan itu di Irak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com