Kompas.com - 13/10/2016, 16:18 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BANGKOK, KOMPAS.com - Lini masa para pengguna media sosial di Thailand dalam beberapa hari terakhir dipenuhi dengan doa-doa yang memohon kesembuhan bagi Raja Bhumibol Adulyadej.

Tak berbeda dengan keramaian di media sosial, hingga Kamis (13/10/2016) ini, di luar rumah sakit di mana Bhumibol dirawat di Bangkok, kerumunan massa pun tumpah ruah tanpa henti.

Warga Thailand terlihat bersatu dalam doa untuk satu tujuan, ketika menghadapi kemungkinan terburuk mangkatnya sosok pemersatu di negara itu. 

Bhumibol adalah raja yang memegang kekuasaan terlama di dunia hingga kini.

Dia adalah sosok yang sangat dicintai oleh rakyatnya. Oleh pihak istana, tokoh berusia 88 tahun ini digambarkan sebagai cahaya penuntun yang telah membantu Thailand melalui dekade kekacauan politik, kudeta, dan kerusuhan, serta kekerasan.

Kondisi kesehatan sang Raja dilaporkan menurun dan kerap keluar masuk rumah sakit sejak dua tahun terakhir.

Namun, kondisi terburuk terjadi sejak seminggu terakhir. Hari Minggu kemarin, pihak istana mengumumkan kondisi kritis Bhumibol yang kemudian mengundang pergerakan dukungan dari warga Thailand, hingga hari ini.

Kondisi ini sekaligus dipercaya menjadi ujian besar bagi kekuatan militer yang merebut kekuasaan pada tahun 2014 lalu.

Kala itu, pemulihan stabilitas setelah satu dekade kekacauan politik dan periode yang penuh gejolak menjadi janji penguasa baru.

Namun kini, kondisi itu diperburuk dengan kesehatan raja, dan persaingan para elite di negara itu untuk merebut kekuasaan.  

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.