Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ancaman Bom, Thailand Tingkatkan Keamanan di Bangkok dan Sekitarnya

Kompas.com - 11/10/2016, 11:52 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com – Polisi Thailand pada Selasa (11/10/2016) meningkatkan keamanan di sejumlah tempat penting dan strategis di ibu kota Bangkok, bandar udara, dan kota-kota provinsi di sekitar ibu kota negara itu.

Peningkatan keamanan itu, seperti dilaporkan Reuters, terjadi menyusul adanya laporan intelijen tentang rencana serangan bom hanya beberapa minggu serangan bom terjadi  beberapa daerah di Thailand selatan.

Ketua Dewan Keamanan Nasional Thailand, Thawip Netniyom, mengatakan, sekelompok orang bersenjata telah berencana untuk melakukan serangkaian serangan bom di satu provinsi di dekat Bangkok.

“Wakil Perdana Menteri sudah mengeluarkan instruksi kepada badan keamanan untuk mendeteksi dan memantau segala sesuatu yang mencurigakan, termasuk hal-hal yang dipakai untuk menyiapkan bom dan mobil," kata Thawip.

"Mengapa menarget Bangkok? Mereka mungkin menginginkan dampaknya," katanya, tanpa merinci kelompok mana yang diduga berada di balik rencana serangan bom itu.

Thailand, negara tujuan wisata paling populer di Asia Tenggara, telah dihantam serangkaian serangan bom selama beberapa bulan terakhir.

Di antaranya serangan bom di beberapa kota wisata di bagain selatan antara 11-12 Agustus 2016, yang menewaskan empat warga lokal dan puluhan luka-luka, termasuk turis asing.

Polisi telah mengaitkan serangan bom itu kepada kelompok separatis Muslim yang beroperasi di Thailand selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com