Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Pencakar Langit Tertinggi Mulai Dibangun di Dubai

Kompas.com - 11/10/2016, 05:05 WIB

DUBAI, KOMPAS.com — Pemerintah Uni Emirat Arab memulai pekerjaan konstruksi The Tower, yang akan berdiri lebih tinggi dari Burj Khalifa, gedung pencakar langit tertinggi di dunia saat ini.

Perdana Menteri dan Wakil Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum melakukan peletakan batu pertama The Tower di Dubai Creek Harbour, Senin (10/9/2016), seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Menurut sebuah pernyataan yang dirilis pada saat upacara peletakan batu fondasi itu, The Tower akan menjadi menara tertinggi di dunia ketika selesai dibangun pada tahun 2020.

Tinggi The Tower akan melampaui Burj Khalifa, gedung pencakar langit setinggi 2.700 kaki atau 828 meter, yang juga terletak di Dubai, ibu kota UEA.

Raksasa real estat UEA, Emaar Properties, Dubai, yang juga membangun Burj Khalifa pada 2010, telah mengumumkan rencana pembangunan gedung pencakar langit terbaru itu pada April lalu.

The Tower dirancang oleh arsitek Spanyol-Swiss, Santiago Calatrava.

Di lantai teratas, akan terdapat dek observasi yang akan memberikan pemandangan 360 derajat sehingga pengunjung dapat melihat seantero kota.

Ketinggian pasti menara tersebut masih belum diketahui. Bos Emaar, Mohammed Alabbar, seperti dilaporkan Xinhua, mengindikasikan, struktur bangunan The Tower akan menjadi "satu tingkat lebih tinggi dari Burj Khalifa".

Laporan media lokal membocorkan informasi yang belum dikonfirmasi bahwa The Tower lebih tinggi 100 meter dari Burj Khalifa.

Alabbar mengatakan, gedung pencakar langit akan selesai dibangun sebelum Expo 2020, pameran perdagangan internasional dengan Dubai bersiap diri menjadi tuan rumahnya.

Dubai telah memiliki reputasi untuk membangun puluhan gedung pencakar langit futuristik, yang telah mengubah cakrawalanya.

Menteri Kabinet UEA Mohammed Al-Gergawi mengatakan, proyek bernilai satu miliar dollar AS itu merupakan fase baru dalam mengembangkan visi Sheikh Mohammed bagi posisi negara teluk itu sebagai ikon baru kemanusiaan.

Di sisi lain, raja properti Arab Saudi juga sedang membangun sebuah menara di Jeddah, yang direncanakan akan menjulang lebih dari satu kilometer, melampaui tinggi dari Burj Khalifa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com