Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Segera Punya Pangkalan AL Permanen di Suriah

Kompas.com - 10/10/2016, 17:52 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia, Senin (10/10/2016), mengatakan, negeri itu berencana mengubah fasilitas angkatan lautnya di pelabuhan Tartus, Suriah menjadi pangkalan militer permanen.

"Di Suriah kami akan memiliki pangkalan angkatan laut permanen di Tartus," kata wakil menteri pertahanan Rusia, Nikolai Pankov.

Pengumuman itu merupakan langkah terbaru Moskwa untuk meningkatkan kehadirannya di Suriah di saat ketegangan dengan negara-negara Barat terus meningkat.

Sejauh ini, Pankov tidak memberikan informasi terkait jadwal perubahan Tartus menjadi pangkalan militer permanen Rusia di Suriah.

Pekan lalu, Rusia mengatakan sudah mengirimkan sistem pertahanan rudal S-300 ke Tartus dan memperingatkan Washington bahwa Rusia akan menangkal serangan koalisi terhadap pasukan Suriah.

Rusia juga mengirimkan tiga kapal perang untuk memperkuat armadanya yang kini berada di lepas pantai negeri yang hancur dikoyak perang itu.

Pada Jumat pekan lalu, parlemen Rusia meratifikasi sebuah kesepakatan dengan Suriah terkait pengerahan angkatan udara Rusia di negeri itu.

Ratifikasi ini semakin memuluskan jalan bagi jet-jet tempur Rusia untuk tinggal lebih lama lagi di neger itu.

Kesepakatan yang diteken Moskwa dan Damaskus pada Agustus 2015 itu memberi izin bagi Rusia untuk menggunakan pangkalan udara Hmeimim untuk menggelar operasi serangan udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com