Kompas.com - 06/10/2016, 18:42 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

DAVIS, KOMPAS.com - Pihak Universitas California, Davis, Amerika Serikat, seorang peneliti post-doktoral Sharon Gray, yang sedang melakukan penelitian di Ethiopia tewas saat terjebak di tengah aksi unjuk rasa.

Peneliti dari departemen biologi itu tewas ketika mobil yang dia tumpangi terhantam batu yang dilemparkan para pengunjuk rasa.

Dalam pernyataan resmi pihak universitas, Kamis WIB (6/10/2016), seperti dilansir Associated Press, menyebut, Gray berada di wilayah Afrika timur tersebut untuk menghadiri pertemuan.

Pertemuan itu digelar terkait dengan hasil riset yang dilakukan perempuan tersebut.

Dia terbunuh pada Selasa waktu setempat, di dalam mobil yang melintas di pinggiran ibu kota Addis Ababa.

Pihak universitas mengatakan, kejadian sesunguhnya hingga saat ini belum jelas. Namun Jurubicara Andy Fell telah memberikan konfirmasi kepada the Sacramento Bee, bahwa Gray telah terbunuh.

Pihak Kedutaaan Besar AS di Ethiopia pun memberikan konfirmasi bahwa Gray tewas di wilayah yang kerap menjadi lokasi unjuk rasa berdarah dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak universitas menyebutkan, anggota tim riset lain yang melakukan perjalanan dengan Gray selamat. 

Bahkan mereka tidak mengalami cidera dan telah dalam perjalanan kembali ke AS.

Peristiwa yang menimpa Gray menjadi catatan sejarah, karena dia adalah orang asing pertama yang tewas di tengah protes anti pemerintahan di negara itu.

Ratusan pengunjuk rasa telah tewas dalam aksi yang digelar sejak November 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.