Kompas.com - 06/10/2016, 15:04 WIB
EditorErvan Hardoko

MANILA, KOMPAS.com - Sebuah survei independen yang hasilnya dirilis pada Kamis (6/10/2016), menunjukkan, popularitas Presiden Filipina Rodrigo Duterte melonjak di tengah perang melawan narkoba yang sudah menewaskan lebih dari 3.000 orang.

Padahal, kebijakan yang dinilai banyak negara sebagai sebuah aksi brutal dan berpotensi menciptakan pembunuhan ekstra judisial itu dikecam berbagai negara termasuk PBB dan Uni Eropa.

Namun, 76 persen warga Filipina yang dilibatkan dalam jajak pendapat Social Weather Stations itu mengatakan mereka puas dengan pemerintahan Duterte dan hanya 11 persen warga yang menyatakan tidak puas terhadap kebijakan sang presiden.

"Presiden nampaknya memulai dengan sangat baik. Rakyat memercayai kebijakannya," kata juru bicara pemerintah, Ernesto Abella.

Lembaga survei yang berbasis di Manila itu mewawancarai 1.200 warga dewasa dan digelar pada 24-27 September lalu. Peserta survei hanya ditanya soal kinerja Duterte tanpa disinggung soal kebijakan terkait pengedar narkoba.

Hasil ini menunjukkan sebuah lompatan besar dari hasil pemilihan presiden Mei lalu di mana Duterte meski memenangkan pemilu dia hanya didukung 37,6 persen suara.

Di Filipina, aturan pemilihan presiden sangat sederhana. Barang siapa yang mendapatkan suara terbanyak langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Menurut BusinessWorld, yang mempublikasikan hasil jajak pendapat ini, hanya satu presiden lain yang mendapatkan popularitas tinggi dalam tiga bulan pertama masa pemerintahannya sejak tergulingnya Ferdinan Marcos pada 1986.

Presiden itu adalah Fidel Ramos yang memerintah Filipina pada 1992-1998 dan kini Ramos merupakan salah satu sekutu dekat Duterte.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.