Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Rami Adham, Si Penyelundup Mainan untuk Anak-anak Aleppo

Kompas.com - 05/10/2016, 10:48 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Di saat sebagian besar jurnalis dan pekerja sosial berpikir dua kali untuk memasuki kota Aleppo yang terkepung, ada satu pria yang terus keluar masuk kota itu dalam kondisi apapun.

Nama pria itu adalah Rami Adham yang dikenal sebagai "penyelundup mainan" karena aksinya mengumpulkan mainan dan membawanya untuk anak-anak Aleppo agar bisa sedikit melupakan kengerian perang.

Meski hanya menyelundupkan mainan, tetapi perjalanan yang ditempuh Rami sangat berbahaya. Sejauh ini keberuntungan masih menaungi Rami dan dia sudah 28 kali keluar masuk salah satu kota paling berbahaya di dunia itu.

"Saat perbatasan dengan Turki ditutup, maka saya tak bisa masuk ke Suriah membawa mainan jadi saya harus menggunakan cara tak resmi untuk masuk ke negara saya sendiri sambil membawa mainan," kata Rami kepada Al Arabiya.

Rami membawa berbagai jenis mainan mulai dari boneka beruang, boneka Barbie hingga Buzz Lightyear dari film Toy Story. Semua tergantung donasi warga dari berbagai negara di dunia.

"Sejak 2015, saya sudah 12 kali melakukan perjalanan ilegal ke Suriah...saya hanya berharap tak ditangkap dan didakwa pemerintah Turki," ujar Rami sambil terbahak.

Namun, usai sukses memasuki wilayah Suriah maka kesulitan Rami bertambah saat hendak masuk ke kota Aleppo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com