Kompas.com - 30/09/2016, 19:35 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com — Para pecatur perempuan papan atas dunia dikabarkan telah diminta mengenakan hijab jika mereka ingin berpartisipasi dalam kejuaraan dunia catur yang digelar di Teheran, Iran, tahun depan.

Kejuaraan dunia catur ini dijadwalkan digelar pada Maret 2017, tetapi sejumlah grandmaster perempuan sudah mengancam akan memboikot turnamen itu jika mereka dipaksa mengenakan hijab.

Organisasi catur sedunia (FIDE) kini menghadapi kritik dan tekanan karena keputusannya menunjuk Iran sebagai tuan rumah turnamen.

FIDE juga dianggap gagal untuk mempertahankan hak-hak perempuan, khususnya para grandmaster yang akan berpartisipasi dalam kejuaraan itu.

Juara catur Inggris, Niger Short, lewat akun Twitter-nya mengatakan, FIDE telah melanggar statutanya sendiri yang menentang diskriminasi berdasarkan agama atau jender.

Juara AS, Grandmaster Nazi Paikidze, juga mengungkapkan kekecewaannya karena harus absen di kejuaraan dunia pertamanya karena banyak alasan.

"Sangat tak bisa diterima menggelar sebuah turnamen perempuan terpenting di tempat di mana cara berpakaian perempuan masih diatur dengan ketat," ujar pecatur kelahiran Georgia itu.

"Saya memahami dan menghargai perbedaan kebudayaan. Namun, tak bisa memahami saat pelanggaran kebudayaan setempat bisa berbuah penjara dan hak-hak perempuan diabaikan," tambah dia.

"Saya merasa tak aman untuk berlaga di sana," lanjut pecatur perempuan itu.

Mantan juara Pan Amerika, Carla Heredia asal Ekuador, sepakat dengan Paikidze soal keharusan mengenakan hijab saat berlaga di Iran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.