Kompas.com - 30/09/2016, 10:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Kenselir Jerman Angela Merkel mengecam perbuatan barbar Rusia dan rezim Suriah, yang meluncurkan serangan udara ke Aleppo.

Dalam percakapan per telepon kedua pemimpin negara tersebut sepakat bahwa rezim Suriah dan Rusia sebagai negara aliansinya bertanggungjawab secara khusus atas berakhirnya pertempuran di Suriah.

Seperti disampaikan pihak Gedung Putih di Washington, Jumat WIB (30/9/2016), baik Obama maupun Merkel mengecam keras penyerangan di timur Aleppo.

Perbuatan itu sangat tak berprikemanusiaan, mengingat ratusan ribu penduduk yang ada di kawasan itu adalah warga sipil, dan separuhnya adalah anak-anak. 

Sebelumnya, kecaman serupa juga dilayangkan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-mon.

Baca: Ban Ki-moon: Pengeboman RS-RS di Aleppo adalah Kejahatan Perang

PBB mengatakan, bencana kemanusiaan sedang berlangsung di Suriah. 

Selama ini Rusia dan AS saling melempar kesalahan menyusul runtuhnya kesepakatan yang diharapkan menjadi langkah pertama dalam upaya untuk mengakhiri perang yang telah menewaskan 300.000 orang sejak 2011 itu.

Baik Obama, maupun Merkel mendesak pihak-pihak terkait di Suriah untuk melanjutkan penghormatan terhadap gencatan senjata, dengan manarik pasukan di garis depan.

Suriah pun didesak untuk membuka akses bagi pemantau internasional ke zona konflik secara keseluruhan. 

"Presiden AS dan kanselir Jerman mengecam keras perbuatan barbar Rusia dan Suriah di timur Aleppo," demikian pernyataan Gedung putih yang dilansir AFP.

Sejauh ini, dua rumah sakit besar di bagian timur kota itu hancur dibom. Pada bagian inilah Ban Ki-moon langsung menyebut apa yang terjadi di Aleppo sebagai kejahatan perang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.