Kompas.com - 29/09/2016, 15:54 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com — "Salah satu bagian kecantikan saya adalah saya sangat kaya," kata Donald Trump pada suatu ketika.

Namun, sebagaimana diungkap majalah Forbes, kekayaan Donald Trump selama setahun terakhir mengalami kemerosotan.

Majalah bisnis itu menaksir kekayaan kandidat presiden Amerika Serikat itu dan menemukan bahwa dia kehilangan 800 juta dollar AS atau sekitar Rp 10,3 triliun sejak 2015.

Forbes memperkirakan bahwa kekayaan konglomerat bidang properti itu kini bernilai 3,7 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 47,9 triliun.

Laporan Forbes menyebut penurunan kekayaan Trump utamanya disebabkan kelesuan pasar properti New York.

Trump, yang pernah menulis buku berjudul Midas Touch (Sentuhan Midas), mengatakan, Amerika Serikat memerlukan kepala pembuat keputusan di Gedung Putih.

Kemudian, saat debat kandidat presiden pada Senin (26/9/2016), dia berujar, "Saya punya pendapatan yang luar biasa. Sudah saatnya negara ini memiliki seorang yang menjalankan (pemerintahan) punya pemikiran soal uang."

Hilang Rp 10,3 triliun?

Forbes, yang telah menaksir kekayaan Trump selama lebih dari 30 tahun, menyebut penurunan pasar real estat dan bisnis ritel di New York sebagai penyebab anjloknya kekayaan Trump.

Dari 28 gedung yang ditinjau Forbes, 18 di antaranya mengalami kemerosotan nilai, termasuk Trump Tower di kawasan elite Manhattan, Fifth Avenue, New York.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.