Kompas.com - 19/09/2016, 14:21 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Aparat keamanan New York, Senin (19/9/2016), menyelidiki sebuah manifesto di media sosial yang diduga diunggah oleh pelaku pengeboman di New York.

Kepolisian New York secara khusus menyelidiki sebuah akun Tumblr yang mengklaim sebagai pelaku peledakan bom yang melukai 29 orang itu.

Akun dengan nama "I Am The NY Bomber" sudah dihapus oleh Tumblr tetapi sumber kepolisian kepada harian The New York Daily mengatakan, mereka menanggapi serius hal ini.

"Ledakan di kota New York, sayalah pelakunya. Itu hanya sebuah uji coba (sehingga) saya tahu di mana kesalahannya dan saya tak akan mengulangi kesalahan itu di masa depan," demikian isi posting dalam akun tersebut.

"Saya melakukannya karena tak tahan dengan masyarakat. Saya tak bisa hidup di mana homoseksual seperti saya dan komunitas LGBTQ+ dianggap sebelah mata oleh masyarakat," tambah akun itu.

"Saya tak tahu bagaimana rasanya membunuh orang lain. Saya kira saya akan terus melangkah dan mengetahui bahwa tindakan saya memiliki tujuan dan akan membuat perbedaan," tambah akun tersebut.

Sejauh ini, aparat keamanan masih menyelidiki akun tersebut dan belum memastikan keasilannya.

Sebelumnya pada Sabtu malam, sebuah bom meledak di Chelsea, sebuah kawasan di New York yang dikenal dengan kehidupan malam dan galer-galeri seninya.

Kini sekitar 1.000 personel polisi tambahan dan pasukan garda nasional dikerahkan untuk berpatroli di bus-bus kota dan stasiun kereta api pasca-ledakan itu.

Sementara itu Gubernur New York Andrew Cuomo meminta agar warga kota tersebut tetap menjalankan kehidupan sehari-hari mereka dan memastikan bahwa keamanan warga terjamin.

"Kita tak akan membiarkan mereka menang. Kita tak akan membiarkan mereka menanamkan ketakutan," ujar Cuomo.


 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.