Kompas.com - 16/09/2016, 12:53 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

BRISBANE, KOMPAS.com - Usia legal bagi hubungan seksual anal yang bersifat suka sama suka di Queensland, Australia, kini diturunkan menjadi 16 tahun.

Patokan usia itu sama seperti usia legal hubungan seksual lainnya.

Penurunan batas usia legal hubungan seksual anal ini mengakhiri aturan lama yang membatasi hubungan homoseksual.

Usia 16 tahun merupakan batas legal untuk kebanyakan bentuk hubungan seksual. Namun selama ini di Queensland, hubungan seksual anal di bawah 18 tahun dianggap ilegal.

Queensland merupakan satu-satunya negara bagian di Australia yang memiliki perbedaan batas usia legal untuk bentuk hubungan seksual suka sama suka yang berbeda.

Pemerintahan Partai Buruh serta anggota parlemen independen meloloskan UU baru tersebut Kamis (15/9/2016) malam, bersama-sama dengan 28 anggota oposisi di parlemen negara bagian.

Anggota Partai Liberal Nasional lainnya tidak memilih.

Sedangkan dua anggota dari Partai Katter's Australian Party, yaitu Robbie Katter dan Shane Knuth, menjadi dua anggota yang menolak perubahan itu.

Kata "sodomi" juga diganti dengan hubungan anal di dalam aturan hukum (criminal code) untuk mengurangi stigma.

Menteri Kesehatan Queensland Cameron Dick mengatakan, aturan hukum ini akhirnya mengoreksi ketidakadilan serta melindungi kesehatan remaja.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.