Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Tahun Setelah Memeluk Islam, Duta Besar Inggris Pimpin Ibadah Haji

Kompas.com - 16/09/2016, 08:28 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Duta Besar Inggris untuk Arab Saudi, Simon Collins, menyempurnakan ibadahnya dengan naik haji, empat tahun setelah ia resmi memeluk Islam.

Harian The Guardian, Kamis (15/9/2016), melaporkan, Collis mengunggah foto dirinya dan sang istri mengenakan jubah putih tradisional  di Twitter.

Istri Collis adalah seorang perempuan Suriah. Ia telah masuk Islam mengikuti istrinya dan menyempurnakan ibadahnya itu dengan mengajak istri untuk naik haji pekan ini.

Foto-foto Simon Collis dan istri dalam jubah putih tradisional yang dikenakan oleh para jemaah haji itu diunggah ke Twitter oleh Fawziah Albakr dari King Saud University.

Albakr berkicau dalam bahasa Arab, "Duta Besar Inggris pertama untuk Kerajaan (Arab Saudi) memimpin ibadah haji setelah pindah memeluk Islam: Simon Collis dan istrinya Nyonya Huda di Mekkah. Segala pujian bagi Allah. "

Collis membalas dengan mengucapkan terima kasih.

Duta besar masuk Islam pada tahun 2011,  "Setelah menghabiskan waktu selama 30 tahun berkarya di tengah masyarakat Muslim".

Hijrah rohani itu dilakukan Collis tak lama menjelang pernikahannya dengan Huda al-Mujarkech, demikian menurut laporan media Arab Saudi.

Collis telah bertugas di Riyadh sejak 2015. Dia sebelumnya bertugas di sejumlah negara Timur Tengah, termasuk Suriah, Irak, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Yaman, serta di India dan Tunisia.

Kementerian Luar Negeri Inggris menolak berkomentar, mengatakan itu adalah masalah pribadi. Kedutaan Besar Inggris di Riyadh juga tidak berkomentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com