Kompas.com - 11/09/2016, 08:28 WIB
EditorPascal S Bin Saju

NEW YORK, KOMPAS.com — Dalam kurun 15 tahun sejak serangan teroris 11 September 2001, warga New York, AS, telah menyaksikan kebangkitan kawasan Lower Manhattan.

Namun, konsep pembangunan kembali tersebut akan terus berlanjut jauh setelah proses konstruksi selesai, seperti dilaporkan Voice of America.

Para pengunjung dan warga kota itu merasa aman dewasa ini. Namun, bagi kebanyakan di antara mereka, pandangan mengenai kehidupan sehari-hari telah berubah selamanya.

Gedung World Trade Center yang baru terlihat menjulang di lokasi di mana menara kembar pernah berdiri.

Gedung itu lebih tinggi dari yang sebelumnya dan menjadi simbol ketangguhan dan kekuatan kota itu.

Meski pemulihan telah terjadi, baik warga setempat maupun turis sepakat bahwa kota itu dan dunia telah berubah.

"Saya kira dunia secara keseluruhan tidak lebih aman dibanding masa lalu, saya kira justru lebih buruk," kata Chrester Johanssom, pengunjung dari Swedia.

"Ke mana pun saya pergi (di Amerika) saya merasa aman. Namun, sayangnya, ini tidak bisa dirasakan di mana pun Anda berada," kata Narayan Ramakrishnan, pengunjung dari Australia.

Di Museum Tragedi 11 September, para pengunjung mengeksplorasi pengaruh global serangan tahun 2001 itu, mengenang kembali peristiwa menyedihkan itu dan proses pemulihan kota tersebut.

Direktur museum tersebut, Alice Greenwald, mengatakan, pada peringatan tahun ini, kemajuan di kawasan tragedi yang kini dikenal sebagai Ground Zero itu tampak nyata.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.