Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penembak Mantan Presiden AS Ronald Reagan Dibebaskan

Kompas.com - 11/09/2016, 07:15 WIB

KOMPAS.com - John Hinckley Jr, pria pelaku penembakan mantan Presiden AS Ronald Reagan pada tahun 1981 silam telah dibebaskan dari rumah sakit jiwa di Washington.

Hal itu disampaikan salah satu pekerja rumah sakit tersebut dikutip CNN, Sabtu (10/9/2016).

Menurut pekerja tersebut, sebelum meninggalkan RS jiwa, Hinckley berjalan-jalan di sekitar rumah sakit, lalu memasuki sebuah mobil bersama beberapa orang yang sempat mengucapkan selamat.

Pada Juli lalu, pengadilan federal memutuskan pembebasan Hinckley dari RS Jiwa Elizabeth. Dia bisa tinggal bersama ibunya di Williamsburg, Virgina, namun dengan sejumlah batasan tertentu.

Baca juga: Setelah 35 Tahun di RSJ, Penembak Ronald Reagan Segera Dibebaskan

Pengacara Hinckley, Barry William Levine menilai pembebasan kliennya itu sudah tepat. Menurut dia, Hinckley dibebaskan oleh pengadilan berdasarkan banyak bukti, baik dari pihak RS maupun para saksi ahli bahwa kliennya itu sudah sembuh.

John Warnock Hinckley Jr (61), mencoba membunuh Presiden Ronald Reagan di Washington DC pada 30 Maret 1981, untuk menarik perhatian aktris Jodie Foster.

Alasannya ini pula yang akhirnya membuat pengadilan memutuskan Hinckley tak bersalah karena gangguan jiwa dan memerintahkan dia ditempatkan di rumah sakit jiwa.

Pembebasan Hickley itu disesalkan oleh putri Ronald Reagan, Patti Davis.

"Saya tak terkejut dengan perkembangan tersebut, tapi hati saya masih sakit," ungkap Davis, dalam sebuah tulisan yang diunggah ke laman situsnya, seperti dikutip People.

Baca juga: "Saya Percaya Kekuatan Pengampunan, tapi Bukan Pembebasan John Hinckley"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com