Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Pesan Tertulis Obama untuk Warga AS yang Rayakan Hari Buruh

Kompas.com - 06/09/2016, 05:19 WIB

KOMPAS.com - Hari Buruh diperingati pada Senin pertama bulan September, menjadi hari libur resmi di Amerika Serikat sejak tahun 1894.

“Ketika para pekerja mengeraskan suara mereka menuntut upah yang adil dan martabat di tempat kerja, mereka meneruskan kisah Amerika,” tulis Presiden AS Barack Obama.

Barack Obama menuliskan itu, Senin (5/9/2016), dalam surat terbuka kepada para pekerja di seluruh AS, saat warga AS merayakan Hari Buruh.

“Pada awal abad terakhir, pekerja AS bersatu untuk memperjuangkan martabat dan keadilan di tempat kerja,” kata Obama.

“Mereka berdiri, berpawai, dan menuntut 40-jam waktu bekerja seminggu, gaji lembur, upah minimum, dan hak membentuk serikat buruh untuk menuntut gaji dan tunjangan yang lebih baik," kata Obama.

"Kemenangan hasil perjuangan keras ini menjadi dasar bagi golongan menengah yang paling besar yang pernah diketahui dunia,” tambah Obama.

Presiden mengatakan, sekiranya ia mencari pekerjaan sekarang, yang memungkinkannya membangun keamanan bagi keluarga, Obama menyebut akan masuk serikat buruh.

Obama juga menyebutkan, sejarah menunjukkan, keluarga yang bekerja dapat memperoleh kesempatan yang baik di AS .

Namun hal itu  hanya terjadi kalau warga bersedia membentuk serikat buruh dan memperjuangkannya.

"Itulah sebabnya saya memulai karir saya sebagai seorang pembina organisasi masyarakat bertahun-tahun yang lalu,” kata Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com