Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Selamatkan Seekor Rusa yang Nyaris Dimangsa Ular Piton

Kompas.com - 05/09/2016, 22:39 WIB

MIAMI, KOMPAS.com - Seorang pria yang sedang berjalan-jalan di kawasan rawa di Florida menyelamatkan nyawa seekor rusa yang nyaris dimangsa seekor ular piton berukuran besar.

Peristiwa itu terjadi ketika Jimmy Wilson (33), nama pria tersebut, sedang berjalan-jalan di kawasan berawa di Ochopee, Florida pada Minggu (4/9/2016).

Saat itulah dia melihat seekor ular piton, yang sebenarnya bukan spesies asli kawasan itu, tengah melilit seekor rusa buntut putih.

Jimmy kemudian merekam adegan pergulatan kedua hewan tersebut dengan menggunakan telepon genggamnya. Sambil merekam, Jimmy melepaskan sejumlah tembakan ke udara.

Suara tembakan tersebut mengagetkan sang ular yang kemudian melepaskan mangsanya dan bergerak pergi. Namun, Jimmy kemudian membunuh ular berukuran besar itu.

Jimmy kemudian menunggu di dekat rusa tersebut yang tak lama setelah lolos dari maut berhasil berdiri dan melarikan diri.

Menurut harian Naples Daily News, Komisi Konservasi Ikan dan Hewan Liar Florida memang mengizinkan warga memburu dan menangkap ular piton untuk mendapatkan insentif berupa uang tunai.

Ular piton burma dituding sebagai biang keseimbangan alam di taman nasional Everglades, Florida dan dikatagorikan sebagai spesies invasif di kawasan tersebut.

Para ilmuwan yakin terdapat sekitar 30.000-300.000 ekor ular piton burma di wilayah selatan Florida ini.

Pada Januari 2012, Kementerian Dalam Negeri AS melarang impor hewan melata ini. Sayangnya, upaya untuk mengendalikan populasi hewan ini sangat buruk sehingga jumlahnya terus bertambah.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com