Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/09/2016, 12:21 WIB
EditorPascal S Bin Saju

PYONGYANG, KOMPAS.com – Korea Utara kembali menembakkan tiga rudal balistiknya ke Laut Timur atau Laut Jepang, Senin (5/9/2016), seperti dilaporkan kantor berita AFP.

Unjuk kekuatan terbaru Korut itu dilakukan saat para pemimpin dunia yang tergabung dalam blok G20 sedang menggelar konferensi tingkat tinggi di China.

Juru bicara Kementerian Keamanan Korsel melaporkan, tiga misil atau rudal balistik itu ditembakkan ke Lau Jepang dari wilayah Hwangju, sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Dua pekan lalu, Korut juga menembakkan satu rudal balistik dari sebuah kapal selamnya,

Belum diketahui secara pasti apa tipe rudal balistik yang ditembakkan pada Senin siang ini. Namun, Korsel sedang melakukan analisa atas aksi Korut tersebut.

Korut telah meningkatkan uji coba rudal balistiknya sejak awal tahun. Penembakan rudal balistik terbaru dari kapal selam Korut dilakukan pada 24 Agustus.

KCNA Korea Utara melakukan uji coba nuklir dalam beberapa pekan terakhir setelah uji coba keempat nuklirnya pada 6 Januari lalu.
Rudal yang ditembakkan dari kapal selam itu melesat sejauh 500 km di Laut Jepang, atau Laut Timur.

Peluncuran terbaru, yang secara luas dikecam, memerkuat dugaan para analis bahwa Korut sedang meningkatkan program nuklirnya yang ambisius, dan mungkin untuk menyediakan senjata nuklir.

Selain itu, peluncuran rudal balistik Senin ini juga terjadi beberapa jam setelah Presiden Korsel, Park Geun-Hye bertemua Presiden China Xi Jinping di sela-sela KTT G20 di Hangzhou, China.

China adalah satu-satunya sekutu utama Korut. Namun, hubungan keduanya menjadi tegang setelah Korut melakukan uji coba nuklirnya pada Januari lalu, yang memicu ketegangan di Semenanjung Korea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.