Kompas.com - 01/09/2016, 11:21 WIB
EditorPascal S Bin Saju

LONDON, KOMPAS.com - Kepolisian kota Nottingham, Inggris tengah, baru-baru ini menetapkan, bersiul untuk menggoda perempuan atau godaan-godaan lain yang tak diinginkan sebagai tindakan kriminal.

Dasar bagi langkah itu adalah peraturan mengenai kejahatan berdasar kebencian atau hate crime.

Kepala kepolisian Nottingham, Sue Fish, menyatakan pihaknya mulai merekam kejahatan berdasarkan misogini atau anggapan yang merendahkan perempuan.

"Ini merupakan kejahatan atau peristiwa ketika korbannya merasa hal itu terjadi disebabkan karena mereka perempuan," kata Sue.

Misogini diharapkan menjadi dasar bagi penegak hukum untuk menjatuhkan hukuman kepada pelakunya dengan aturan kejahatan berdasar kebencian.

Kejahatan berdasar kebencian merupakan tindak pidana yang dianggap dilakukan berdasarkan prasangka terhadap identitas seseorang seperti disabilitas, identitas jender, ras atau etnis, agama atau kepercayaan, dan orientasi seksual.

Menanggapi kebijakan ini, Melanie Jeffs selaku manajer lembaga advokasi perempuan Women's Centre di Nottingham, mengaku gembira.

"Dengan memahami hal ini sebagai kejahatan berdasarkan kebencian, akan membantu orang melihat seriusnya masalah ini dan semoga mendorong perempuan untuk melaporkan peristiwa yang terjadi pada mereka," kata Jeffs.

Kepolisian Nottingham dalam tiga bulan terakhir mencatat 22 kasus kejahatan berdasar kebencian dengan dua orang telah ditahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.