Kompas.com - 23/08/2016, 17:38 WIB
EditorPascal S Bin Saju

SOKOTO, KOMPAS.com – Angkatan Udara Nigeria mengatakan, pihaknya telah membunuh sejumlah militan senior Boko Haram dan mungkin pemimpin mereka secara keseluruhan.

Klaim AU Nigeria disampaikan pada Selasa (22/8/2016), bersamaan dengan kedatangan Menlu AS, John Kerry, ke negara itu untuk membahas cara mengatasi pemberontakan Boko Haram.

Menurut AU Nigeria, jet tempurnya telah menyerang jantung pertahanan kelompok Islamis Boko Haram di hutan Sambisa, Nigeria timur laut akhir pekan lalu, seperti dilaporkan AFP.

Juru bicara militer Nigeria, Kolonel Sani Kukasheka Usman, mengatakan, pemimpin Boko Haram, yang mengaku bernama 'Abubakar Shekau', diduga menderita luka berat di bahunya.

Militer Nigeria di masa lalu melaporkan bahwa Abubakar Shekau sudah tewas. Hanya orang yang mengaku-ngaku sebagai Sekau saja jika sosok itu muncul lagi saat ini.

Tidak segera bisa dikonfirmasi apa reaksi dari Boko Haram tentang insiden terbaru tersebut.

Selama ini kelompok militan melakukan komunikasi dengan media hanya melalui video.

Nigeria telah mendorong AS untuk menjual pesawatnya demi kelancaran operasi memberhangus Boko Haram.

Kelompok ekstremis ini telah membunuh lebih dari 15.000 orang sejak mereka mulai memberontak tujuh tahun silam dalam perjuangan mendirikan negara Islam.

Di bawah kepempinan Presiden Nigeria terdahulu, Goodluck Jonathan, AS telah membokade penjualan senjata dan mengakhiri pelatihan pasukan Nigeria kerena kasus pelanggaran HAM.

Namun, pemerintah baru di bawah Presiden Muhammadu Buhari berpendapat, catatan HAM di Nigeria telah membaik dan sudah saatnya bolokade itu harus diakhiri.

Tidak ada komentar segera Kerry yang sedang berada di Sokoto pada Selasa dan pada Rabu ini telah berada di Abuja untuk bertemu Buhari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.