Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Leon Krishnayana, Pemuda Indonesia Pendiri iSpionage.com di California

Kompas.com - 19/08/2016, 10:00 WIB

SAN JOSE, KOMPAS.com - Seorang diaspora Indonesia di San Jose, negara bagian California, Amerika Serikat, bernama Leon Krisnayana adalah pendiri layanan aplikasi di iSpionage.com.

Aplikasi ini bergerak di bidang software service yang menyediakan data untuk pebisnis online terkait data competitive intelligence, atau perkembangan dari kompetitor atas jenis usaha yang serupa di platform online.

"Spesifiknya, kami bergerak di bidang search engine marketing. Jadi bisnis yang kita jalani adalah untuk ngasih tau orang kalau kompetitor mereka ngapain aja, keyword-nya yang dipakai apa aja dan copy-nya apa aja, positioning-nya gimana," kata dia kepada VOA Indonesia.

Pelanggan kebanyakan berasal dari kalangan agensi bisnis yang memang memerlukan akses data untuk mengetahui peta persaingan di dunia online.

"Kita mulai tahun 2007, terus tahun 2008 kebetulan ada teman yang ngenalin saya ke investor," kata dia.

"Padahal waktu itu saya lagi gak nyari investor, terus dia interested, kasih seed funding, terus kami mulai bener-bener ngejual produk ini, kita develop dari tahun 2007 sampai kira-kira satu tahun development, terus tahun 2008 kita mulai open to public," papar dia.

Berpusat di San Jose, California, iSpionage juga memiliki tim yang kini beroperasi di San Diego, Texas, dan tim pengembang di Rumania.

"Waktu itu kita pernah mikir bikin kantor di Indonesia ya lagi cari-cari resource-nya, cuman belum nemu orangnya yang bener aja gitu," ujar dia.

"Jadi di Indonesia culture creativity-nya kayaknya masih 'oke, oke bos' gitu, itu yang jadi agak halangan buat kita," sambung Leon.

Leon mengatakan, inovasi penting dilakukan bagi mereka yang memiliki bisnis di bidang informasi teknologi, sehingga produk yang dihasilkan selalu menjadi yang terdepan.

"Kami pikir gimana caranya bisa differentiate ourselves with them, kami sekarang mau benar-benar fokus ke yang kami punya strength, kami mau fokus ke dalam digital marketing di search engine marketing," tambahnya.

Leon juga mengaku ia tidak takut dengan perkembangan kompetitor yang memiliki jenis bisnis serupa.

"Kalau kompetitor mau meng-copy, itu memang selalu terjadi, di bisnis apa saja. Jadi kita harus terus berinovasi agar satu, dua langkah di depan," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com