Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sadiq Khan: Trump Datanglah ke London agar Tak Jadi Penyokong ISIS

Kompas.com - 19/08/2016, 09:28 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Wali Kota London Sadiq Khan kembali melontaran kritiknya kepada kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump.

Khan yang namanya melambung karena mencatatkan sejarah sebagai Wali Kota Muslim pertama di Inggris menyebut, Trump keliru dengan pandangan yang membenturkan Islam arus utama dengan dunia barat.

Sebaliknya, seperti dikutip dari laman USA Today, Khan justru menyebut, propaganda Trump itu tanpa disadari telah menyokong gerakan teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS), yang selama ini menodai Islam.

Sadiq Khan, yang menjabat sebagai Wali Kota London sejak Mei 2016, kemudian menyatakan dukungannya kepada kompetitor Trump dari Partai Demokrat Hillary Clinton, untuk memenangi pemilihan umum November mendatang.

Pandangan itu dilontarkan Khan saat berbicara dalam peluncuran London’s Autumn Season, sebuah program budaya yang berisi acara serta eksebisi di London, Kamis (18/8/2016). 

Baca: Meski Sadiq Khan Muslim, Donald Trump Izinkan Dia Masuk ke AS

Khan lalu mengungkapkan kepada USA Today, tentang keinginannya untuk mengundang Trump datang ke London. Tawaran semacam ini merupakan yang pertama kali disampaikan Khan sejak terpilih sebagai Wali Kota.

“Saya sangat berharap Trump bisa datang ke London, dan bertemu dengan pemuka agama Islam di sini, yang bangga menjadi orang Inggris, dan bangga menjadi warga London, serta bangga menjadi Muslim," tegas dia. 

“Saya juga mempunyai kawan dan keluarga yang tinggal di AS, dan mereka bangga menjadi warga AS, bangga menjadi Muslim dan Trump perlu memahami kondisi itu, sehingga dia tidak menguntungkan ISIS dengan komentar-komentarnya," sambung Trump.

Baca: Merasa Dikasari, Trump Mulai Serang Wali Kota Sadiq Khan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com