Kompas.com - 18/08/2016, 19:43 WIB
EditorErvan Hardoko

ISTANBUL, KOMPAS.com - Sebuah pesawat Airbus A330 milik maskapai Qatar Airways, Kamis (18/8/2016), mendarat darurat di Istanbul, Turki setelah salah satu mesinnya terbakar.

Layar radar menunjukkan pesawat itu mengubah arah terbangnya di atas Laut Marmara tak lama setelah lepas landas dari bandara internasional Ataturk, Istanbul.

Seorang saksi mata Mehmet Kirazoglu mengatakan, dia sedang berada di dalam gedung teknologi Turkish Airlines di dekat bandara ketika mendengar "suara mesin yang aneh" melintas di atasnya.

"Saat kami melihat ke udara, kami melihat sebuah pesawat Qatar dengan mesin sebelah kiri yang terbakar," kata dia.

"Pesawat itu berbalik arah di atas laut, saya kira dia mengeringkan bahan bakarnya dan setelahnya kami mengetahui pesawat itu mendarat dengan selamat," tambah Mehmet.

Mehmet melanjutkan, dia dan beberapa temannya bisa melihat dengan jelas mesin sebelah kiri pesawat itu terbakar dan roda pendaratnya belum dimasukkan.

Sementara itu, pihak Qatar Airways mengatakan, pesawat itu mendarat kembali dengan selamat bersama seluruh penumpang dan kru kabinnya.

Pesawat dengan kode penerbangan QR240 itu lepas landas menuju Doha, Qatar pada pukul 13.20 waktu setempat dan mendarat kembali di Istanbul 40 menit kemudian.

Pesawat Airbus A330 dirancang untuk mampu terbang hanya dengan satu mesin di tangan pilot yang sangat terlatih.

Pesawat ini juga memiliki komponen pencegah meluasnya kebakaran dengan alat pemadam api di dalam mesin yang bisa diaktifkan dari dalam kokpit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.