Kompas.com - 17/08/2016, 13:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

PASAY CITY, KOMPAS.com — Tanpa diduga-duga, seorang perempuan terpaksa menjalani proses persalinan di tengah penerbangan dari Dubai menuju Filipina.

Seorang pengguna jejaring sosial Facebook, Missy Berberabe Umandal, Minggu kemarin, membagikan foto kelahiran itu setelah pesawat terpaksa mendarat darurat di India.

"Saya melewati penerbangan paling 'normal' dengan Cebu Pacific Air. Seorang wanita di dekat tempat saya duduk melahirkan bayi perempuan dalam keadaan sehat," tulis Umandal, seperti dikutip laman UPI.com.

"Persalinan ini terjadi dalam penerbangan kami kembali dari Dubai ke Filipina," kata dia.

Berdasarkan penjelasan Umandal, wanita itu belum memasuki jadwal melahirkan. Prediksi kelahiran baru akan terjadi pada Oktober mendatang.

Namun, ibu tersebut mulai mengalami kontraksi saat penerbangan berlangsung lima jam. 

Kebetulan ada dua perawat yang berada di dalam penerbangan itu. Mereka bekerja sama dengan sejumlah pramugari untuk membawa wanita itu ke bagian depan kabin pesawat.

Di tempat itulah perempuan tersebut melahirkan dan kemudian kembali lagi ke tempat duduknya ketika semuanya rampung. 

"Kami hanya mendengar suara memekik agak keras dan beberapa detik kemudian muncul suara bayi, dan kami tahu kelahiran sudah berhasil," tulis Umandal.

Orangtua dari bayi lain yang ada di pesawat itu memberikan selimut untuk jabang bayi yang baru lahir tadi. Selimut itulah yang membungkus si bayi sebelum pesawat mendarat di India demi memastikan kondisi kesehatan anak tersebut.

Umandal mengakhiri unggahannya dengan sebuah pesan untuk ibu yang melahirkan tersebut. 

"Kami mengerti Anda sedang mengambil waktu untuk beristirahat dan mengasuh bayi yang baru dilahirkan, tetapi kami semua berharap Anda lekas pulih dan menjalani hidup bahagia dengan bayi lucu itu," tulis Umandal. 

Baca: Satu Jam Usai Melahirkan, Perempuan Ini Ikut Ujian Sarjana


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.