Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Hamil Melahirkan di Tengah Penerbangan, Pesawat Mendarat Darurat di India

Kompas.com - 17/08/2016, 13:00 WIB

PASAY CITY, KOMPAS.com — Tanpa diduga-duga, seorang perempuan terpaksa menjalani proses persalinan di tengah penerbangan dari Dubai menuju Filipina.

Seorang pengguna jejaring sosial Facebook, Missy Berberabe Umandal, Minggu kemarin, membagikan foto kelahiran itu setelah pesawat terpaksa mendarat darurat di India.

"Saya melewati penerbangan paling 'normal' dengan Cebu Pacific Air. Seorang wanita di dekat tempat saya duduk melahirkan bayi perempuan dalam keadaan sehat," tulis Umandal, seperti dikutip laman UPI.com.

"Persalinan ini terjadi dalam penerbangan kami kembali dari Dubai ke Filipina," kata dia.

Berdasarkan penjelasan Umandal, wanita itu belum memasuki jadwal melahirkan. Prediksi kelahiran baru akan terjadi pada Oktober mendatang.

Namun, ibu tersebut mulai mengalami kontraksi saat penerbangan berlangsung lima jam. 

Kebetulan ada dua perawat yang berada di dalam penerbangan itu. Mereka bekerja sama dengan sejumlah pramugari untuk membawa wanita itu ke bagian depan kabin pesawat.

Di tempat itulah perempuan tersebut melahirkan dan kemudian kembali lagi ke tempat duduknya ketika semuanya rampung. 

"Kami hanya mendengar suara memekik agak keras dan beberapa detik kemudian muncul suara bayi, dan kami tahu kelahiran sudah berhasil," tulis Umandal.

Orangtua dari bayi lain yang ada di pesawat itu memberikan selimut untuk jabang bayi yang baru lahir tadi. Selimut itulah yang membungkus si bayi sebelum pesawat mendarat di India demi memastikan kondisi kesehatan anak tersebut.

Umandal mengakhiri unggahannya dengan sebuah pesan untuk ibu yang melahirkan tersebut. 

"Kami mengerti Anda sedang mengambil waktu untuk beristirahat dan mengasuh bayi yang baru dilahirkan, tetapi kami semua berharap Anda lekas pulih dan menjalani hidup bahagia dengan bayi lucu itu," tulis Umandal. 

Baca: Satu Jam Usai Melahirkan, Perempuan Ini Ikut Ujian Sarjana


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com