Kompas.com - 10/08/2016, 15:44 WIB
EditorErvan Hardoko

LISBON, KOMPAS.com - Lebih dari 400 orang dievakuasi dari rumah mereka menyusul kebakaran hutan dan lahan yang kian mendekati kota Funchal di Pulau Madeira, Portugal.

Gubernur Miguel Albuquerque mengatakan, setidaknya satu orang menderita luka bakar parah dan sejumlah orang lainnya harus dirawat karena imbas asap kebakaran.

Selain menimbulkan korban jiwa, lanut Albuquerque, kebakaran telah menghancurkan sedikitnya 27 rumah.

Menurutnya, api yang mendekati kota Funchal kini sudah dapat dikendalikan. Suhu udara yang lebih sejuk juga diperkirakan membantu upaya pemadaman api.

Para pemadam kebakaran sebelumnya mengatakan bukit yang curam dan hutan yang lebat membuat upaya pemadaman lebih sulit.

Tayangan televisi memperlihatkan kepulan asap di tengah kota Funchal. Sejumlah warga juga tampak menggunakan pipa air untuk meredam kebakaran.

Untuk menghindari korban jiwa, ratusan penduduk diungsikan, termasuk mereka yang berada di pusat perbelanjaan dan rumah sakit.

Selama beberapa hari terakhir, kebakaran hutan dan lahan melanda daratan Portugal. Tercatat sebanyak tujuh kebakaran, yang sebagian besar berada di bagian utara, melaju tak terkendali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.