Kompas.com - 08/08/2016, 10:47 WIB
EditorErvan Hardoko

ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berharap pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin akan membuka babak baru hubungan kedua negara.

Demikian disampaikan Erdogan dalam wawancara dengan kantor berita TASS pada Minggu (7/8/2016).

"Ini akan merupakan kunjungan bersejarah, sebuah awal baru. Dalam pembicaraan dengan sahabat saya Vladimir (Putin), saya yakin, babak baru hubungan bilateral akan dimulai," demikian TASS mengutip Erdogan yang akan memulai kunjungannya ke Rusia pada Selasa (9/8/2016).

Sementara itu, lebih dari 1 juta orang berkumpul di Istanbul untuk sebuah aksi mendukung pemerintah Turki dan mengecam unjuk rasa yang gagal pada 15 Juli lalu yang menewaskan sedikitnya 270 orang.

Lapangan Yenikapi di pesisir Laut Marmara di sisi Eropa Istanbul berubah menjadi lautan merah dan putih, warna bendera Turki.

Tak ada data resmi soal jumlah warga yang hadir dalam unjuk rasa itu, tetapi media Turki menyebut sedikitnya 1 juta orang datang dalam acara tersebut.

Unjuk rasa itu dimulai dengan mengheningkan cipta mengenag mereka yang tewas karena menentang kudeta yang diikuti lagu kebangsaan Turki dan pembacaan doa.

Sebuah panggung setinggi 60 meter didirikan untuk acara tersebut yang dihiasi slogan dan spanduk raksasa bergambar Presiden Erdogan dan pendiri Turki, Mustafa Kemal Ataturk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.