Kompas.com - 06/08/2016, 10:51 WIB
EditorBayu Galih

KOMPAS.com - Jepang memperingati 71 tahun peristiwa bom atom di Hiroshima, Sabtu (6/8/2016). Penghancuran kota Hiroshima oleh Amerika Serikat itu terjadi sekitar pukul 08.15 waktu setempat.

Peringatan peluluhlantakan Hiroshima oleh Amerika Serikat ini dilakukan tak lama setelah kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke kota itu.

Dalam kunjungan pada 27 Mei 2016 silam itu, Obama juga sempat mengunjungi Hiroshima Peace Memorial Park, dan mengenang korban tewas yang mencapai 140.000 orang.

Wali Kota Hiroshima Kazumi Matsui pun mengapresiasi kunjungan Obama itu. Matsui berharap kunjungan itu dapat menandai upaya masyarakat dunia untuk perdamaian.

"Kata-kata Presiden (Obama) memperlihatkan bahwa dia tersentuh dengan semangat Hiroshima, yang menolak untuk menerima segala bentuk 'kejahatan absolut'," ucap Matsui, dikutip dari Reuters, Sabtu.

Karena itu, Matsui pun berharap para pemimpin dunia mengikuti jejak Obama. "Saya sekali lagi mendesak pemimpin dunia untuk mengunjungi kota yang dibom atom ini," ujar Matsui.

Dalam peringatan ini, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga menyatakan komitmen Jepang untuk mengupayakan perdamaian dunia. Salah satunya, dunia yang bebas penggunaan nuklir untuk senjata.

"Kita tidak boleh mengalami pengalaman tragis Hiroshima dan Nagasaki terulang kembali," ucap Abe.

Pernyataan ini seakan menanggapi pernyataan calon presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, beberapa waktu lalu.

Trump menyatakan untuk memberi kesempatan Jepang dan Korea Selatan untuk mengembangkan senjata nuklir sendiri. Dengan demikian, kedua negara itu tidak perlu mengandalkan AS dalam perlindungan dari ancaman nuklir Korea Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.