Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tergelincir di Landasan Pacu, Pesawat Kargo "Nyangkut" di Jalan Raya

Kompas.com - 05/08/2016, 22:06 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat kargo yang gagal berhenti di landasan pacu saat mendarat di sebuah bandara di Italia akhirnya terempas hingga menabrak jalan raya di dekat bandara itu.

Alhasil, bandara Orio al Serio di Bergamo, Italia harus ditutup sementara akibat insiden yang menimpa pesawat Boeing 737 yang datang dari Paris, Jumat (5/8/2016) pagi.

Pesawat barang itu mendarat di landasan yang basah setelah diguyur hujan lebat. Licinnya landasan pacu membuat pilot tak bisa mengendalikan pesawat hingga menabrak pembatas dan masuk ke jalan raya yang melingkari bandara itu.

Beberapa laporan menyebut sejumlah pengendara mobil melintas di jalan itu saat pesawat tersebut terempas di jalanan.

Beruntung tak ada korban jatuh akibat insiden ini dan ketiga kru pesawat juga tak terluka, meski pesawat itu menghancurkan sejumlah mobil sewaan di lapangan parkir bandara.

Menurut harian Corriere della Sera, kecelakaan itu terjadi kemungkinan besar akibat cuaca buruk yang menimpa kawasan tersebut.

Untuk memindahkan pesawat tersebut, dibutuhkan sebuah derek raksasa yang dikerahkan bersama kru gawat darurat ke bandara sekitar pukul 04.00 waktu setempat.

Perusahaan pengelola bandara, Sacbo mengatakan, bandara itu sudah kembali beroperasi dengan normal pada pukul 06.45 meski beberapa penerbangan harus tertunda.

Beberapa penerbangan dari dan menuju Bergamo terpaksa dibatalkan sementara penerbangan lainnya dialihkan ke bandara Malpensa, Milan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com