Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Berkeringat dan Mengirim SMS, Pasangan Ini Diturunkan dari Kabin Delta Airlines

Kompas.com - 05/08/2016, 09:43 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pasangan suami istri Muslim ini untuk pertama kali mengungkapkan kepada media terkait perilaku Delta Airlines yang mereka nilai sebagai bentuk dari Islamofobia.

Faisal Ali dan Nazia Ali telah duduk selama 45 menit dalam pesawat Delta Airlines yang akan membawa mereka kembali ke Cincinnati, Ohio, dari Paris, Perancis.

Saat itulah, pegawai Delta Airlines meminta keduanya keluar dari pesawat karena harus menjelaskan beberapa hal.

"Kami diminta untuk membawa barang bawaan kami dan pegawai itu mengatakan kami tak akan terbang dengan pesawat tersebut, dan hal itu langsung menjelaskan semuanya," kata Nazia kepada The Independent.

Setelah keluar dari pesawat, ternyata seorang petugas kepolisian Perancis sudah menunggu di luar gerbang.

"Saya sangat takut karena karena ini seperti pemeriksaan acak saat seseorang mengambil foto paspor kami dengan menggunakan telepon genggam pribadinya," tambah Nazia.

Dalam interogasi, polisi menanyakan kegiatan pasangan suami istri itu selama berada di Paris. Mereka kemudian mengatakan sedang berlibur untuk merayakan hari ulang tahun pernikahan ke-10.

Polisi itu kemudian membebaskan pasutri ini karena merasa puas dengan jawaban mereka dan tak menemukan hal yang mencurigakan.

Pegawai Delta Airlines kemudian menjelaskan, keduanya dikeluarkan dari pesawat karena permintaan pilot setelah salah satu kru merasa tak nyaman dengan keberadaan mereka.

Kru itu juga menyebut Faisal Ali menyembunyikan telepon genggamnya saat para kru melintas. Para kru juga mengaku melihat Faisal sangat berkeringat dan menyebut beberapa kata dalam bahasa Arab.

Hal yang sebenarnya terjadi adalah Faisal sedang mengirim SMS kepada ibunya dan memberi tahu bahwa mereka sudah berada di pesawat dan minta dijemput di bandara Cincinnati.

"Waktu itu saya hanya ingin berada di dalam pesawat. Saya tak peduli lagi dengan privasi saya, dan saya akan biarkan kapten pilot melihat isi telepon saya sehingga dia yakin kami sedang mengabari orangtua kami," ujar Nazia.

Faisal mengatakan, mereka berkeringat karena sirkulasi udara di dalam kabin tak terlalu bagus dan pesawat itu sudah berada di terminal selama 45 menit.

"Kami langsung menuju terminal keberangkatan dan kami langsung diberi tiket pulang dengan penerbangan berikutnya. Jadi sebenarnya mereka tahu kami tak melakukan apa pun," ujar Nazia.

Pasangan yang memiliki tiga anak balita itu juga mendapatkan penginapan dari pihak maskapai untuk menunggu penerbangan baru keesokan harinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com