Kompas.com - 04/08/2016, 13:10 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MOSKWA, KOMPAS.com - Pihak militer Rusia mendapat tudingan telah melakukan serangan dengan menggunakan gas beracun di sebuah kawasan di Suriah, di mana helikopter mereka ditembak jatuh beberapa waktu lalu.

Baca: Rusia Bantah Dalangi Serangan Gas Beracun di Suriah

Namun tudingan itu justru dibalas dengan tudingan balik. Rusia menyatakan pemberontak Suriah yang menggunaan gas beracun dan menewaskan tujuh warga sipil dan membuat sakit 23 lainnya. Serangan terjadi di wilayah di luar Aleppo.

Baca: Heli Mi8 Rusia Jatuh Ditembak di Suriah  

Kepala Militer Rusia di Pusat Rekonsiliasi di pangkalan udara Hemeimeem air base, Suriah Letnan Jenderal Sergei Chvarkov, Rabu (3/8/2016), para pemberontak menyerang permukiman di selebah timur Aleppo dengan menggunakan gas racun.

Chvarkov tak menyebut jenis gas beracun yang digunakan dalam serangan Selasa lalu. Namun, para korban mengalami kronis dengan paru-paru terbakar.

Seperti dikutip dari Associated Press, Chvarkov serangan dilancarkan oleh Nour el-Deine Zengi, sebuah kelompok militan yang berjuang untuk kubu oposisi.

Dia mengatakan, juga telah berkomunikasi tentang insiden ini dengan pihak Amerika Serikat.

Namun Nour el-Deine Zengi belum memberikan tanggapan atas tudingan ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.