Kompas.com - 03/08/2016, 23:00 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

MOSKWA, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia membantah pernyataan-pernyataan pemberontak Suriah dan kelompok-kelompok pembela hak asasi manusia yang menyebut Kremlin mendalangi serangan gas klorin, Selasa (2/8/2016).

Serangan itu dilakukan di lokasi yang sama di mana sebuah helikopter Rusia ditembak jatuh sehari sebelumnya.

Bantahan Moskwa itu disampaikan melalui media pemerintah Rusia, TASS, seperti dikutip VOA Indonesia, Rabu (3/8/2016).

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, “saya tidak mendapat informasi itu, kami tidak memiliki informasi mengenai bagaimana operasi itu dilangsungkan.”

Peskov juga mengatakan, “sangat sulit untuk menanggapi informasi seperti itu; tidak selalu jelas apa yang menjadi dasarnya, apa sumber mereka dan lain-lain.”

Para pekerja bantuan di Suriah mengatakan, sebuah helikopter menjatuhkan berbarel-barel gas beracun di sebuah kota dekat Aleppo.

Setidaknya 30 orang tewas, umumnya perempuan dan anak.

Mereka mengatakan, gas beracun itu dijatuhkan pada malam hari, di dekat lokasi di mana sebuah helikopter Rusia ditembak jatuh beberapa jam sebelumnya oleh pemberontak.

Menjelang Selasa malam, muncul laporan-laporan yang saling bertentangan.

Para pejuang pemberontak yang berusaha menembus pengepungan di Aleppo dan pasukan pemerintah yang mengepung kota itu saling menuding.

Para dokter di Kota Saraqeb mengatakan kepada wartawan, sebanyak lima kontainer klorin dijatuhkan di kawasan permukiman di sana.

Seorang dokter pun mengatakan kepada wartawan televisi al-Jazeera, ia yakin bahan kimia itu klorin karena gas yang sangat beracun itu pernah juga dijatuhkan di kawasan yang sama di masa lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.