Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak-Beradik Diduga Siapkan Rangkaian Teror di Belgia

Kompas.com - 30/07/2016, 19:00 WIB

BRUSSELS, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Belgia menangkap dua orang yang diduga sedang merancang serangan teror di Belgia.

Penangkapan dilakukan menyusul penggerebekan yang digelar Jumat (29/7/2016) atas perintah majelis hakim pengadilan anti-terorisme. Demikian diterangkan Jaksa Federal, Sabtu (30/7/2016) seperti dikutip AFP.

Belgia sedang dalam keadaan darurat terorisme menyusul serangan mematikan pada bulan Maret lalu, yang diklaim kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) sebagai perbuatan mereka.

Termasuk rangkaian serangan teror di Perancis dan Jerman bebeberapa waktu lalu, membuat otoritas keamanan di Belgia kian waspada. 

Disebutkan, dua pria yang ditangkap tersebut adalah Noureddine H. dan saudara kandungnya Hamza H.

Mereka ditangkap dalam penggerebekan di kawasan permukiman berbahasa Perancis di Mons lez Liege.

"Kedua tersangka sedang merancang sejumlah serangan teror di berbagai tempat di Belgia," ungkap Jurubicara Kejaksaan Federal Belgia dalam pernyataan tertulis.

Kendati demikian, belum ditemukan keterkaitan antara penangkapan kedua kakak beradik itu dan aksi pengeboman di bandara dan stasiun bawah tanah Brussels, 22 Maret lalu.

Tidak ada senjata maupun bahan peledak yang ditemukan dalam penangkapan tersebut.

Selanjutnya, seorang hakim akan meninjau penangkapan kedua orang ini dan akan memutuskan apakah mereka akan ditangkap atau dibebaskan. 

Sejumlah orang yang ditangkap terkait serangan teror di Brussels terkait pula dengan serangan mematikan pada 13 November 2015 di Paris yang menewaskan 130 orang. 

Bulan lalu, otoritas penegak hukum di Belgia menjatuhkan tuntutan terkait terorisme terhadap dua lelaki yang merancang serangan teror di tempat para penggemar Piala Eropa 2016, di pusat Kota Brussels. 

Belgia pun meningkatkan pengamanan sejak peringatan hari kemerdekaan pada 21 Juli lalu, setelah kasus serangan sebuah truk yang membunuh 84 orang di Nice, Perancis, 14 Juli lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com