Kompas.com - 28/07/2016, 18:48 WIB
EditorErvan Hardoko

LA PAZ, KOMPAS.com - Seorang pemandu wisata asal Bolivia tanpa sengaja menemukan jejak kaki salah satu dinosaurus terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Para paleontolog yakin jejak kaki dengan ukuran lebar satu meter itu berusia 80 juta tahun dan kemungkinan besar adalah jejak kaki seekor dinosaurus predator, abelisaurus.

"Jejak kaki ini lebih besar dibanding jejak kaki lain yang sudah ditemukan selama ini di kawasan yang sama," kata paleontolog Sebastian Apesteguia kepada Reuters.

"Jejak kaki ini adalah yang terbesar untuk dinosaurus karnivora di akhir masa Cretaceous di Amerika Selatan," tambah Sebastian.

Pemandu wisata itu menemukan jejak kaki tersebut awal bulan ini di dekat kota Sucre, wilayah tengah Bolivia. Tulang belulang abelisaurus sebelumnya juga banyak ditemukan di Amerika Selatan.

Fosil abelisaurus pertama kali ditemukan oleh pelaentolog Argentina Jose F Bonaparte dan Fernando E Novas pada 1985.

Setelah menemukan tengkorak lengkap hewan tersebut di Rio Negro, Argentina, para ilmuwan meyakini dinosaurus ini termasuk keluarga baru predator dan bukan pemangsa sejenis tyranosaurus.

Meski tengkorak abelisaurus sudah ditemukan tetapi belum banyak diketahui terkait ukuran hewan prasejarah ini.

Jejak kaki yang baru ditemukan ini diharap bisa memberi tambahan informasi kepada para ilmuwan untuk memperkirakan ukuran dinosaurus tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.