Kompas.com - 27/07/2016, 05:45 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

WASHINGTON, KOMPAS.com -  Warga sipil yang mencatat rekor pengabdian terlama dalam sejarah Angkatan Udara Amerika Serikat, akan pensiun pada bulan September 2016 mendatang.

Warga bernama Anthony Duno itu tercatat telah bekerja di AU AS selama 70 tahun. Dia adalah veteran Perang Dunia II yang bertempur di bawah komando Jenderal George Patton.

Anthony dinyatakan tergabung dalam AU AS pada tahun 1944 ketika berumur 18 tahun.

Dia tercatat berkampanye untuk perang Normandia, pertempuran Bulge, dan pernah ditugaskan ke Pengadilan Nuremberg,

Informasi ini diunggah di laman Angkatan Udara AS, Selasa (26/7/2016), seperti dikutip Kantor Berita AFP.

"Saya yakin perang Bulge adalah yang paling penting, merupakan titik paling berat dalam perang. Perang tersebut sangat luar biasa karena segala hal yang belum pernah terjadi ada di sana," ungkap Duno.

Catatan pekerjaan Duno sepanjang 70 tahun di AU AS, termasuk pengabdian dia sebagai anggota militer dan sipil. 

Setelah perang usai, Duno yang adalah warga asli Bronx di New York pun menjadi warga sipil yang bekerja di AU AS. DIa mengkhususkan diri di bidang penjualan fasilitas militer yang telah tak dipakai, ke pasar Eropa.

Segala pengabdian Duno tak terlupakan. Jumat lalu, dia menjalani sebuah upacara penghormatan di Pentagon, yang dihadiri oleh Sekretaris Angkatan Udara Deborah Lee James.

"Angkatan Udara adalah hidup saya. Saya akan sangat merindukan semua kawan-kawan di tempat ini," ungkap dia. 

Duno, yang mempunyai banyak kenang-kenangan dari pegabdiannya -termasuk kartu natal dari Patton, akan menjalani masa pensiun di timur laut negara bagian New Hampshire.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.