Kompas.com - 26/07/2016, 22:26 WIB
EditorPascal S Bin Saju

HOBART, KOMPAS.com - Anjing laut berbobot 120 kilogram yang diberi nama Sammy telah dibebaskan kembali ke pantai terdekat setelah kedapatan tidur di dalam toilet pekuburan di Pesisir Barat Laut Tasmania.

Anjing laut berbulu jantan ini ditemukan sedang tertidur didalam sebuah bilik toilet wanita di Pemakaman Mersey Vale Lawn di Davenport, Selasa (26/7/2016).

Anggota dewan pemerintah lokal, Karina Moore, mengatakan, dia awalnya mengira ini sebuah lelucon ketika krunya mengirimkan dia surat elektronik (e-mail) mengenai seekor anjing laut yang mereka panggil "Sammy".

Dia mengatakan, penemuan anjing laut di pekuburan yang tidak lazim ini telah menarik perhatian warga di halaman Facebook Dewan Kota Davenport.

"Ini merupakan salah satu cerita baik yang sangat menyenangkan, tapi kami pastikan hewan ini aman dan dijaga oleh semua orang,"

Pakar Biologi dari Taman dan Satwa Liar, Rachel Alderman, mengatakan,  petugas dari lembaganya telah membius dan mengurung Sammy di sebuah bilik toilet sebelum bersiap memindahkannya.

Petugas berhasil menutup pintu bilik toilet dan mengurung Sammy di dalamnya, sehingga resiko gangguan antara anjing laut dan warga setempat bisa diantisipasi." katanya.

"Kami berusaha mengintervensi sedikit mungkin, tapi yang pasti dalam kasus ini, anjing laut tersebut harus sesegera mungkin diselamatkan dengan membawanya kembali ke air,"

"Sangat mungkin dia menyeberang jalan atau mendatangi tempat-tempat lain dan juga masalah keselamatan manusia bisa jadi salah satu kekhawatiran juga,":

Menurut Alderman, kemungkinan anjing laut ini telah berenang dari Horsehead Creak yang letaknya tidak terlalu jauh, dan sangat tidak anjing laut berhasil mencapai kawasan kota di Tasmania.

"Anjing laut jumlahnya sangat banyak di sekitar Tasmania, khususnya di Selat Bass, dan kami pernah menjumpai mereka di Cataract Gorge, padang, halaman belakang rumah warga, dan sekarang kita bisa menambahkan bilik toilet sebuah pekuburan ke dalam daftar itu."

Anjing laut itu telah dibebaskan di pantai terdekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.