Kompas.com - 20/07/2016, 08:32 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah rumah sakit di negara bagian Gujarat, India meluncurkan inovasi untuk meningkatkan jumlah anak perempuan di India.

Caranya, rumah sakit  ini menawarkan untuk membebaskan semua biasa perawatan dan persalinan bagi setiap ibu yang melahirkan anak perempuan.

RS Sindhu di Ahmedabad mengatakan, tawaran spesial ini dilakukan untuk membantu "merayakan kelahiran seorang anak perempuan".

"Selama bertahun-tahun, kami memerhatikan sebagian besar ibu yang akan melahirkan berharap memiliki anak laki-laki," kata direktur operasional RS Sindhu Mahadev Lohana kepada harian The Times of India.

"Permen akan kami bagikan untuk kelahiran anak laki-laki tetapi kelahiran anak perempuan akan disambut dengan cara berbeda," tambah Mahadev.

Di bawah skema yang dijalankan RS Sindhu, maka ibu yang melahirkan anak perempuan akan menghemat biaya persalinan hingga 7.000 rupee atau sekitar Rp 1,4 juta untuk persalinan normal.

Sedangkan, jika persalinan harus dilakukan dengan cara operasi caesar maka biaya yang dihemat mencapai 20.000 rupee atau sekitar Rp 3,4 juta.

Skema yang dijalankan rumah sakit ini adalah bagian dari sebuah upaya untuk melindungi janin dan bayi perempuan di negeri itu.

Sebab, sebagian besar keluarga di India masih memilih untuk mendapatkan anak laki-laki dan kelahiran anak perempuan biasanya disambut dengan kekecewaan.

Bahkan, jutaan janin yang dipastikan berkelamin perempuan digugurkan setiap tahun di India.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.