Kompas.com - 20/07/2016, 05:59 WIB
EditorErvan Hardoko

INDIANAPOLIS, KOMPAS.com - Seorang terpidana dalam kasus pencurian menggugat pemilik rumah yang menembaknya saat dia mencoba membobol rumah tersebut.

Saat si pencuri beraksi, alarm yang dipasang pemilik rumah di garasi berbunyi. Alhasil, pemilik rumah memergoki percobaan pencurian itu dan melihat sang pencuri berusaha melarikan diri.

Pemilik rumah lalu menembak David Bailey, nama pencuri itu, yang kemudian ditangkap polisi dan saat menjalani sidang dia mengakui semua perbuatannya.

Dua tahun setelah insiden itu, Bailey mengajukan gugatan di pengadilan Indiana, AS terhadap David McLaughlin, si pemilik rumah.

"Klien saya berpikir gugatan itu terlalu berlebihan dan saya menyetujui pemikiran tersebut," kata kuasa hukum McLaughlin, Brian Pierce.

"Anda tentu tak berharap seseorang yang hendak mencuri di rumah Anda kemudian menuntut dan meminta ganti rugi," lanjut Pierce.

"Saya kira gugatan itu sangat absurd. Di Indiana, pemilik rumah memiliki hak mempertahankan properti mereka dan itu termasuk menggunakan senjata api," lanjut dia.

Berdasarkan surat gugatan disebut bahwa penggugat (Bailey)berlari di sepanjang jalan menjauh dari kediaman tergugat (McLaughlin).

Namun, tergugat meneruskan pengejaran dan menembak ke arah jalanan yang gelap.

Dokumen pengadilan menyebut, Bailey ditembak tiga kali dan peluru ketiga mengenai bagian belakang lengannya, mengoyak otot arteri dan mengakibatkan kerusakan permanen.

Bailey juga mengklaim dia tak pernah benar-benar memasuki kediaman McLaughlin dan akibat luka yang dideritanya dia menuntut kompensasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.